PEKANBARU (RiauLantang) – Meskipun terjadi musibah robohnya intake System Pengadaan Air Minum (SPAM) Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis (Durolis), pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau tetap akan melanjutkan penyambungan pipa air bersih ke Kota Dumai dan Kecamatan Mandau (Kota Duri,red) di Kabupaten Bengkalis, tahun 2019 ini.

Hal itu diutarakan Kepala Bidang Air Minum Dinas PUPR Riau Muhammad Arief saat dikonfirmasi soal kelanjutkan proyek Intake SPAM Durolis tersebut, khususnya pada penyambungan pipa yang belum tuntas.

Disebutkan bahwa robohnya intake SPAM Durolis tidak berpengaruh langsung kepada pekerjaan penyambungan pipa air bersih, karena panjang pipa yang akan ditanam keseluruhan volumenya sudah diatas 50 persen,tinggal finshing.

“Tidak ada masalah robohnya intake SPAM Durolis dengan pekerjaan yang menjadi kewenangan kita yaitu memasang pipa air bersihdari Simpang Batang (Rokan Hilir) ke Kota Dumai dan Duri Kabupaten Bengkalis. Sedangkan untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA)di Tanah Putih Tanjung Melawan dan penyambungan pipa dari Tanah Putih ke Simpang Batang sepanjang 26 kilometer menjadi tanggungjawab Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Regional II Riau,”ujar Arief.

Lebih jauh dipaparkannya, bahwa untuk pemasangan pipa air bersih dari Simpang Batang ke Kota Dumai hanya tersisa 9 Kilometer(Km) dari total panjang pipa 25 KM. Total pipa yang sudah tersambung sampai dengan akhir tahun 2018 adalah 16 KM, dan biaya yang dibutuhkan untuk menyambung 9 Km tersebut sebesar Rp 49 Milyar yang bersumber dari APBD Provinsi Riau.

Sedangkan pipa air bersih dari Simpang Batang ke Duri Bengkalis, hanya tersisa 4 KM dari total panjang pipa 16 KM. Artinya 12 Km pipa sudah tersambung sampai dengan akhir tahun 2018 lalu. Untuk penyambungan 4 Km dari Simpang Batang ke Duri dibutuhkan anggaran Rp37 milyar yang juga bersumber dari APBD Provinsi Riau. Saat ini pihak PUPR sedang menyiapkan dokumen pelelangan.

“Secepatnya akan kita laksanakan pelelangan umum untuk penyambungan pipa dari Simpang Batang ke Kota Dumai dan Duri Kabupaten Bengkalis tersebut. Target kita akhir tahun 2019 ini pekerjaan penyambungan pipa sudah selesai dilaksanakan. Diperkirakan awal tahun 2021 pendistribusian air bersih sudah dapat dlaksanakan,”tutup Arief.(afa)