Bupati Bengkalis, saat memberikan sambutan saat safari ramadhan di Kecamatan Bathin Solapan.

BATHIN SOLAPAN (Riaulantang)– Bupati Bengkalis Amril Mukminin pada malam yang ke 11 Ramadhan melakukan safari di Kecamatan Bathin Solapan tepatnya di Masjid Al-Furqon Desa Bathin Sobanga, (26/05/2018) malam.

Safari Pemerintah Kabupaten Bengkalis ini merupakan safari Ramadhan keliling kecamatan tahun 2018 M – 1439 H, dan kunjungan di Bathin Solapan merupakan safari yang ke tujuh dari 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Dalam pelaksanaan safari Ramadhan 1439 H tersebut, Bupati Amril mengingatkan warganya, khusus masyarakat Bathin Solapan untuk kembali mengaktifkan Sistim Keamanan Lingkungan (SISKAMLING).

“Dengan kondisi negara dan daerah kita yang saat ini sedang mendapat musibah serangan terorisme. Mari kita tangkal paham-paham radikalisme di negeri junjungan ini, dengan terus menjalankan ajaran islam yang kaffah dan mari kita tetap jaga dan ciptakan kehidupan masyarakat yang rukun dan damai, aman serta tentram.” Ujarnya ketika memberikan sambutan

Terkait aksi terorisme seperti yang terjadi di Surabaya dan Mapolda Riau beberapa waktu lalu, Bupati Amril mengimbau seluruh masyarakat di Negeri Junjungan, tidak terkecuali warga Bathin Solapan, untuk lebih waspada dan peduli dengan lingkungan sekitar.

“Sebagai wujud kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungan serta untuk mencegah berkembangannya paham – paham radikalisme maupun aksi terorisme di negeri kita ini, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, khususnya di Bathin Solapan dan Bathin Sobanga ini, kami harapkan untuk mengaktifkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling),” pintanya.

Baca Juga:  Bupati Amril dan Dandim 0303 Bengkalis Tarawih Perdana di Masjid Arrafah Duri

Berkaitan dengan kondisi tersebut di atas, pemerintah kabupaten bengkalis telah mengadakan rapat koordinasi tentang peningkatan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dan persiapan pelaksanaan pilgub dan wagubri tahun 2018 pada hari selasa 22 mei 2018. Hasil rapat disepakati dengan dikeluarkannya maklumat bersama yang ditandatangani oleh Bupati Bengkalis, Dandim 0303 Bengkalis dan Kapolres Bengkalis, untuk mengaktifkan kembali sistim keamanan lingkungan (siskamling) pada masing-masing RW/RT dan mewajibkan lapor 1×24 jam bagi tamu yang datang di lingkungan RT maupun RW.

“Pada kesempatan itu juga telah ditandatangani pernyataan sikap dari seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bengkalis mulai dari Bupati Bengkalis, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Ormas, dan Camat se Kabupaten Bengkalis tentang mengutuk keras tindakan terorisme dan tetap menjaga kondisi agar tetap tenang serta memberikan dukungan kepada aparat keamanan untuk pemberantasan terorisme.

Selanjutnya, agar siatuasi senantiasa aman dan kondusif, seluruh camat, termasuk Camat Bathin Solapan, Bupati Amril meminta supaya senantiasa berkoordinasi dengan Kapolsek dan Danramil. Begitu pula kepada seluruh Kepala Desa, Kepala Dusun, Ketua RW, Ketua RT, mantan Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis tersebut mengingatkan agar terus memantau keberadaan orang baru yang ada di lingkungannya.

Baca Juga:  Pererat Silaturrahim, Ika Unand Bengkalis Gelar Buka Bersama di Duri, Dihadiri Ketua Ika Unand Riau

“Jika terdapat tempat kos atau rumah kontrakan, dia juga minta untuk terus dipantau. Lebih-lebih jika penghuninya memperlihatkan gerak-gerik yang mencurigkan, jika ada segera sampaikan atau lapor pada Kepala Desa, Bhabinkamtibmas ataupun Babinsa. tutupnya

Selain Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni yang juga istri Bupati Bengkalis, tampak hadir bersama Bupati Amril diantaranya anggota DPRD Kabupaten Bengkalis daerah Pemilihan Mandau B yakni Hendri dan Rianto, juga diikuti oleh seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat Bathin Solapan H Amiruddin,Camat Pinggir Toharuddin, Plt.Camat Talang Muandau Halazmi Julizar, Ketua DDII Muhammad Subli, Ketua DPH LAMR Mandau, dan undangan lainnya.

Kegiatan safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Bengkalis 1439 H diMasjid Al-Furqon Bathin Sobanga, ditutup dengan tausyiah Ramadhan sekaligus do’a yang dipimpin oleh Ustadz Syawaluddin Siregar.(rls)