Pekanbaru (Riau Lantang) – Propinsi Riau ditunjuk sebagai pusat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam kebakaran (Damkar) dan Perlindungan masyarakat (Linmas) yang jatuh pada tangg 6 Maret 2019 mendatang. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dijadwalkan akan berkunjung ke Provinsi Riau untuk peringatan HUT yang dipusatkan di Pekanbaru Riau,

Ditunjuknya Riau sebagai pusat peringatan HUT Damkar dan Linmas tersebut merupakan apresiasi positif bagi Riau, Kegiatan HUT instansi tersebut secara nasional akan dipusatkan di Pekanbaru, dimana seluruh instansi terkait dari seluruh Indonesia akan hadir di bumi Melayu Riau.

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, Senin (25/03/19) mengatakan,kegiatan puncak direncanakan dilaksanakan di stadion Kaharuddin Nasution. Hanya saja, untuk kepastian kehadiran Presiden tentunya menyesuaikan dengan jadwal protokoler kepresidenan, namun kemungkinanPresiden Joko Widodo bakal hadir.

“Pak Presiden akan ke Riau menghadiri HUT Damkar dan Linmasse-Indonesia. Namun apakah pas tanggal 6 Maret atau diundur kita masih menunggu infomasi dari pihak potokoler Istana Negara,”jabar AhmadSyah.

Kegiatan HUT Damkar dan Linmas diharapkan dapat memberikan masukan positif bagi daerah Riau, karena diperkirakan akan dihadiri 6 ribuan personil Damkar dan Linmas selain rombongan presiden.

Sebelum acara puncak HUT Damkar dan Linmas juga ada agenda yang direncanakan yaitu rapat kordinasi nasional (Rakornas) Damkar, SatpolPP dan Linmas di SKA CoEx Pekanbaru pada 05 Maret 2019.

“Selain peringatan HUT Damkar dan Linmas, juga akan dilaksanakan Rakornas Damkar dan Linmas se-Indonesia di SKA CoEX pekanbaru sehari sebelum peringatan Hari Puncak,”tambah Ahmad Syah.(afa)