PINGGIR (Riaulantang) – Nasib bangsa di masa depan ditentukan oleh seberapa berhasilnya orang tua dalam mendidik anak-anak masa kini untuk menjadi manusia yang unggul secara duniawi dan ukhrawi.

Gagasan tersebut disampaikan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril pada peringatan puncak Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau tahun 2019, yang dipusatkan di lapangan bola kaki Desa Pinggir, Sabtu (30/3) pagi.

Sesuai tema yang diusung pada peringatan HAN tingkat Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau sambung Kasmarni, yaitu: “Dengan Menyambut Hari Anak Nasional Mari Kita Antar Anak-Anak Indonesia Menjadi Lebih Baik”, pihaknya mengajak semua pihak beri perlindungan kepada anak.

“Untuk itu melalui Momentum ini, kami mengajak kepada seluruh komponen, khususnya masyarakat di Kecamatan Pinggir dan Talang Muandau, agar melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab kepada anak. Beri perlindungan untuk mewujudkan kesejahteraan anak, serta memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak–haknya,” pinta Kasmarni.

Disamping itu untuk membentuk generasi muda yang santun, sambung istri dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin, harus ada langkah jitu yang bisa dilaksanakan. Salah satunya dengan mengenalkan budaya bangsa kepada anak. hal ini akan menumbuhkan kesadaran anak akan arti pentingnya mencintai budaya bangsa.

“Seperti mengenalkan budaya melalui buku, seperti cerita (dongeng nusantara), permainan tradisonal, musik, nyanyian lagu-lagu daerah, pantun, peribahasa, tata-krama, dan sebagainya. Untuk si kecil yang kreatif, bisa menyalurkan hobinya dengan membuat mainan tradisional, melukis, mewarnai dan menari daerah serta berkunjung ketempat bersejarah,” pungkasnya.(susi)