DURI (Riaulantang)- Sekitar 45 orang Remaja Masjid Babul Khairat yang tergabung dalam Ikatan Remaja Babul Khairat (IRMBK) dilatih cara penyelenggaraan jenazah atau fardhu kifayah, di Masjid Babul Khairat Jalan Nusantara 1 Duri, Minggu (03/03/19).
Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh ketua masjid Sumarno dan dibimbing langsung oleh ustad Marhan Harahap S.Pdi.

Sejumlah pengurus dan jamaah hadir dalam kegiatan pelatihan untuk para remaja itu.

“Kita sebagai orang tua akan memantau dan membimbing remaja dan remaji kita semua agar bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam penyelenggaraan jenazah,” jelas Sumarno.

Dikatakannya, pelatihan ini dilaksanakan agar para remaja masjid memahami tata cara dan adab fardu kifayah yang benar. Baik dari proses memandikan jenazah, mengafani, salat jenazah, hingga mengebumikan.

“Dengan pelatihan ini mudah-mudahan remaja lebih bisa memahami proses penyelenggaraan jenazah yang sesuai dengan adab dan tata cara yang benar,” harapnya.

Sementara itu pembina IRMBK Duri, Hazuwardi mengapresiasi pelatihan penyelenggaraan jenazah itu. Menurutnya perlu dilakukan karenan tidak semua orang mampu dan mau berprofesi sebagai pemandi jenazah. Dibutuhkan keberanian, keterampilan dan kemauan.

“Saya sangat mengapresiasi pelatihan ini karena memberikan pengetahuan kepada remaja untuk lebih memahami tata cara penyelenggaraan jenazah,” ujar Hazuwardi yang akrab di panggik Wardi itu.(susi)