Pekanbaru (Riau Lantang) – Setelah dilantiknya Catur Sugeng Pranoto jadi Bupati Kampar defenitif periode 2017-2022 belum lama ini, posisi Wakil Bupati mulai menghangat dan jadi perbincangan kalangan masyarakat khususnya Partai Politik pengusung saat Pilkada Kampar tahun 2016 lalu.

Selain Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ada Partai Golkar, Nasional Demokrat, Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang mengusung pasangan almarhum Aziz Zaenaldan Catur Sugeng Pranoto ketika itu. Aziz Zaenal sendiri adalah Ketua DPW PPP Riau, sedangkan Catur Sugeng merupakan kader Partai Golkar.

PPP sendiri kabarnya meminta jatah Wakil Bupati pasca meninggalnya Aziz Zaenal, dimana sejumlah nama diusulkan menjadi wabup kabupaten“Serambi Mekkah” tersebut. Termasuk nama anak Aziz Zainal mengemuka dikalangan internal PPP sendiri untuk diajukan.

Politisi Partai Nasdem yang juga anggota DPRD Riau daerah pemilihan Kampar DR.H.Ilyas Haji Ujang (HU) berpendapat kalau posisi wakilbupati Kampar kemungkinan tidak akan diisi kader partai Golkar, tapi oleh Parpol pengusung lainnya dengan mengedepankan azas musyawarah dan mufakat.

“Untuk calon Wakil Bupati Kampar kedepan tidak mungkin lagi dari Partai Golkar karena pak Sugeng sudah merupakan kader dari Partai Golkar. Selain Golkar, parpol lain juga berhak mengisi posisi tersebut, terutama PPP karena pak Aziz sebelumnya dari PPP,” sebut Wakil Ketua DPW Partai Nasdem Riau tersebut, hari ini

Diutarakannya, Partai Nasdem sendiri justru berharap kalau posisi orang nomor dua di Kampar dijabat kader dari PPP juga dengan pertimbangan untuk menghormati, menghargai dan melihat jasa-jasa dari almarhum Aziz Zaenal selama menjabat sebagai Bupati Kampar.

“Memang semua partai koalisi punya hak. Tapi karena pertimbanganvlain, biarlah dari kader PPP yang jadi wabup di Kampar, tapi semuanya terpulang kepada keputusan bersama partai koalisi,” tambah Ilyas.

Sebelumnya dalam beberapa kesempatan Sekretaris DPW PPP Riau Hj.Tengku Nazlah Khairati berharap posisi wakil bupati Kampar ditempati kaderPPP. Bahkan Nazlah menyebut nama anak almarhum Aziz Zainal yakni Afrizal Hidayat untuk mengisi pos wakil bupati tersebut.

“Untuk posisi Wakil Bupati Kampar kita meminta partai pengusung untuk sepakat diisi kader PPP, termasuk kemungkinan anak almarhum pak Aziz Zaenal yang mengisinya. Tapi nanti akan kita rembukan dengan partai pengsuung lainnya, karena bukan hanya PPP dan Golkar sebagai partaipengusung,”kata Nazlah, yang juga anggota DPRD Riau itu mengharapkan.(afa)