Jumat berkah berbagi nasi bungkus di depan Kantor Camat Mandau

DURI (Riaulantang)- Pihak Kecamatan Mandau kembali membuat terobosan baru dengan membuka Pojok Warung Makan gratis di gerbang masuk kantor Camat Jalan Sudirman Duri. Program baru yang dilounching, Jumat siang (01/02/19) mulai pukul 11.00 WIB ini mendapat sambutan antusias warga. Tak sampai menunggu 1 jam 185 nasi bungkus gratis yang dibagikan ASN dan honorer dilingkungan Kantor Camat ludes tak tersisa.

Pembagian nasi bungkus gratis persis di gerbang masuk kantor Camat Mandau ini cukup menyita perhatian warga. Memasang spanduk kecil bertuliskan Pojok Warung Makan Gratis Kecamatan Mandau di pagar masuk kantor Camat, sejumlah ASN dan honorer sibuk melayani warga yang ingin mendapatkan berkah di hari Jumat itu. Ratusan nasi bungkus di jejeran di meja panjang lengkap dengan tulisan lauk pauknya dibagikan satu persatu kepada warga dan pengendara yang melintas. Ada yang ragu, ada pula yang antusias memberi doa ketika tahu program berbagi dari pegawai dilingkungan kantor Camat Mandau itu.

Seperti terlihat ketika seorang pengendara berhenti setelah melewati meja nasi bungkus gratis itu. Dia ragu dengan kegiatan yang diadakan. Sembari bertanya kepada pegawai yang berdiri, dia memastikan program berbagi di hari Jumat itu.
“Ini emang gratis, Ikhlas berbagi,” tanyanya.

Pertanyaan ini pun dijelaskan pegawai bahwa ini program berbagai di lingkungan kantor Camat. Setelah yakin, pengendara itu pun meminta dua bungkus nasi. Satu di tangannya, satu di tangan anak yang dibonceng. Doa panjang terlihat di panjatkan sibapak sembari memegang nasi. Setelah itu di mengatakan agar kegiatan itu mendapat berkah.
“Mudah-mudahan kalian mendapat keberkahan,” jelasnya.

Sementara itu program Jumat Berkah di awal bulan Februari itu dikoordinir langsung oleh Sekcam Mandau, M Rusydi. Bersama sejumlah Kepala Saksi diantaranya Kasi Kesejahteraan Sosial dan Budaya Yoan Dema dan lainnya, Sekcam ikut membagikan nasi bungkus gratis itu.

“Ini program yang digagas Camat Mandau. Setiap Jumatnya kami berbagi nasi bungkus dengan warga. Siapapun boleh menyumbang dan siapapun boleh mengambil,” jelas Sekcam Rusydi.

Ditambahkan Yoam Dema, untuk tahap awal program ini, dananya di peroleh dari sumbangan ASN dan honorer di lingkungan kantor Camat. Mereka minimal menyumbang Rp 10.000 per orang di setiap Jumatnya.

“Alhamdulillah di awal program ini terkumpul 185 nasi bungkus dan habis semuanya. Mudah-mudahan kedepan akan lebih banyak lagi nasi bungkus yang dibagikan. Karena program ini berlanjut setiap Jumatnya,” jelas Yoan Dema. (susi)