DURI (Riaulantang) – Pil setan PCC dan sejenisnya jangan sampai masuk ke Duri dan kawasan sekitarnya. Harapan tersebut disampaikan pemuka masyarakat setempat, Ir Marfit Helmi melalui Riau Lantang di Duri, Jumat (15/9/2017). Menurut dia, kalangan aparat kepolisian maupun instansi lain serta seluruh lapisan masyarakat harus mengantisipasinya secara bersama-sama.

“Sampai hari ini kita belum mendapat informasi kalau pil setan itu sudah masuk ke Duri. Kita berharap itu jangan sampai terjadi. Karenanya kita minta aparat terkait untuk melakukan pengawasan secara ketat. Sebab pil itu sangat berbahaya bagi kesehatan anak-anak dan remaja kita disini,” katanya.

Setiap orang tua, pemuka masyarakat maupun kalangan pendidik harus ikut mensosialisasikan ancaman dari pil setan itu kepada anak-anak, siswa maupun remaja di kota ini. Dengan terbukanya daerah Duri yang terletak di jalan lintas, potensi masuknya pil setan itu terbuka sangat lebar. “Kalau tidak hati-hati, situasi disini bisa runyam,” imbuhnya.

Marfit juga mengingatkan, salah satu cara untuk menghindari remaja dan anak-anak dari ancaman bahaya tersebut adaalah dengan menggiatkan cabang-cabang olahraga. Kalau anak-anak sudah sibuk beriolahraga maka peluang mereka untuk berbuat hal-hal negatif bisa dieliminir.

Terpisah, pemuka agama di Duri HM Yunus Ras ikut merisaukan ancaman pil setan tersebut. Menurutnya, untuk membentengi generasi muda dari bahaya itu, pembinaan agama harus diintensifkan. Anak-anak juga harus dididik etika dan moral. “Anak dan remaja juga harus diingatkan untuk tidak menerima tawaran atau pemberian mencurigakan dari orang lain,” kata Yunus.(dan)