PEKANBARU (Riaulantang) – Rencana bakal dibukanya jembatan Siak IV dikota Pekanbaru mulai Minggu tanggal 17 Maret 2019 ini masih menyisakantanda tanya. Apakah sertifikat layak pakai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah turun atau belum.

Jembatan yang diresmikan Gubernur Riau ketika itu WanThamrin Hasyim tanggal 14 Februari atau tepatnya sebulan lalu sampai sekarang masih belum dibuka untuk umum. Konon kabarnya penggunaan jembatan yang berdiri megah diatas Sungai Siak tersebut masih terganjal sertifikat layak pakai dari Kementerian PUPR, meskipun sudah dilakukan uji kelayakan dengan mendatangkan 11 profesor dari berbagai perguruan tinggi terkemuka.

Masih simpang siurnya pembukaan jembatan tersebut menjadi tanda tanya kalangan masyarakat, apakah memang hanya menunggu sertifikat layak dari kementerian atau ada kendala tekhnis.

Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau sendiri merasa optimis sertifikat layak pakai turun sebelum tanggal 17 Maret.

“Sudah sebulan diresmikan, jembatan itu belum dapat dipergunakan. Apakah memang sertifkkat layak pakai yang belum turun atau ada masalah tekhnis. Sebab jalan flyover begitu diresmikan kokbisa langsung dipergunakan masyarakart umum,”ungkap Burian, wargaPekanbaru, Jumat (15/03/2019).

Dalam beberapa kesempatan kepala bidang jalan dan jembatan Dinas PUPR Riau Yunnan Haris menyebutkan bahwa pihaknya hanya tinggalmenunggu sertifkat layak pakai dari Kementerian PUPR. Selain itu saat ini masih dilakukan final tunning pengecekan tegangan kabel. Sedangkanpekerjaan tekhnis sudah tuntas 100 persen.

“Kita pastikan tidak ada kendala tekhnis. Hanya final tunning pada tegangan kabel sambil menunggu sertifikat layak keluar.Kalau sertifikat keluar secepatnya, Minggu ini tanggal 17 maret kita pasti buka,”papar Yunan.(afa)