DURI (Riaulantang)- Kebakaran di areal Pabrik Kelapa Sawit PT Sawit Inti Prima Perkasa (PKS PT SIPP) Jalan Rangau Km 6 Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau terjadi Senin subuh (04/02/19) sekira pukul 04.05 WIB. Akibatnya tumpukkan ratusan ton sawit habis terbakar. Ini terjadi lantaran lokasi yang terbakar adalah loading RAM (tempat penampungan sawit sementara-red), sebelum TDS di masukkan ke dalam lori buah (Fruit Cages).

Demikian disampaikan Komandan Regu Pemadam Kebakaran (Danru Damkar) Kecamatan Mandau, Jefrianto yang menurunkan 2 unit mobil damkar untuk memadamkan api di lokasi kebakaran itu.

“Yang terbakar peron/ loading RAM. Api belum berhasil di padamkan karena bahan yang terbakar tumpukan buah sawit sekitar 200 ton,” jelasnya.

Dikatakan Jefri kebakaran di loading RAM itu cukup merepotkan. Pasalnya begitu di lakukan penyiraman asap tebal mengepul dari Tandan Buah Sawit (TDS) yang terbakar.

“Asap tebal terus keluar dari TDS yang kita siram. Ini lantaran yang terbakar adalah sawit. Kendati demikian pemadaman terus kita lakukan,” ujarnya lagi.

Apa penyebab dan berapa kerugian dari kebakaran itu, menurut Jefri kebakaran diduga akibat arus pendek. Sementara kerugian belum bisa ditaksirnya.

“Diduga konsleting arus pendek,” ungkapanya.

Terkait kebakaran ini, pihak PT SIPP yang coba di konfirmasi belum memberikan keterangan resminya. (bambang)