DURI (Riaulantang) – Aliran listrik untuk sejumlah kawasan tertentu di wilayah Kota Duri mengalami gangguan cukup mengusik pada Selasa (30/5/2017) . Banyak pelanggan bertanya-tanya, kenapa listrik hidup mati tiap sebentar. Ternyata itu disebabkan isolator hang (gantung) yang retak. Untuk mencarinya tidaklah mudah.

Manajer PLN Rayon Duri, Ari Hikmawan melalui Supervisor Administrasi, Zaini yang dihubungi mengatakan gangguan yang dikeluhkan sebagian pelanggan tersebut sudah berlangsung sejak sekitar jam 03.00 WIB Selasa dinihari.

“Ada kebocoran arus. Isolator hang di tiang transmisi mengalami keretakan. Tiap dimasukkan beban terjadi trip. Untuk mencari isolator bermasalah itu tidaklah mudah. Kalau pecah, bisa langsung terlihat dari bawah. Tapi kalau hanya retak, akan sangat sulit mendeteksinya,” kata Zaini.

Karena gangguannya sulit dideteksi, menurut Zaini, pihak PLN bersama mitra kerja terpaksa bertungkus lumus di lapangan. “Untuk mencari dimana sumber gangguan pasti, tiang yang diduga bermasalah terpaksa dipanjat satu-persatu. Akhirnya ditemukan juga. Isolator yang retak itu berada pada salah satu tiang di Jalan Desa Harapan. Langsung kita ganti isolatornya,” imbuh Zaini.

Diakuinya, mencari sumber gangguan tersebut memang kerja yang cukup melelahkan. Tentu saja setiap pekerja yang dikerahkan ke lapangan terpaksa bekerja keras. Itu menyita waktu dan energi. Apalagi bagi pekerja yang tengah berpuasa. “Kerongkongan jadi kering. Air ludah sulit ditelan. Yang tak kuat terpaksa membatalkan puasa,” tambahnya.(dan)