Bupati Bengkalis diwakili Camat Mandau Riki Rihardi bersama Ketua BSMI dr Benni dan pengurus

DURI (Riaulantang)- Organisasi kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kabupaten Bengkalis mengelar pelantikan pengurus periode 2019-2024, Jumat pagi (29/04/19) sekira pukul 09.00 WIB. Pelantikan yang dipusatkan di aula RS Permata Hati Duri itu dibarengi dengan kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis untuk dhuafa. Sekitar 60 dhuafa dari Kecamatan Mandau bahkan Rupat ambil bagian dalam kegiatan sosial itu.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Camat Mandau, Riki Rihardi yang hadir di kesempatan itu menyampaikan tahniah dan berharap BSMI makin eksis melakukan kegiatan kemanusiaan.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami mengucapkan selamat dan tahniah kepada pengurus BSMI Kabupaten Bengkalis periode 2019-2024 yang baru saja dilantik. Mudah-mudahan dengan kepengurusan baru mampu membawa BSMI lebih baik dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan bakti sosial yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Kepada organisasi sosial lainnya agar berperan aktif dalam membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Disisi lain, Ketua BSMI Bengkalis dr Benny Andica S Sp. PD menjelaskan BSMI Bengkalis berdiri sejak tahun 2002 lalu. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan, salah satunya di bidang tanggap bencana dan dibidang sosial.

“Dalam bidang tanggap bencana BSMI telah menurunkan anggota di gempa Lombok, Palu dan daerah lainnya. Untuk bidang sosial, banyak kegiatan yang sudah dilakukan dari operasi katarak gratis sampai pengobatan di daerah terpencil di Kabupaten Bengkalis,” ungkapnya.

Disampaikannya lagi antusias warga cukup tinggi pada operasi katarak gratis ini. Sekitar 60 peserta sudah mendaftar untuk operasi yang mendatangkan dr Jamal relawan BSMI Pusat ini. Namun peserta ini akan dicek lagi kondisi matanya sebelum berlanjut ke operasi.

“Tahun 2018 lalu, ada sekitar 42 yang mendaftar, tapi setelah di cek hanya 23 orang yang bisa di operasi. Tahun ini ada sekitar 61 orang yang mendaftar. Kemungkinan 2/3 yang bisa di operasi karena ada yang syaraf matanya sudah tak berfungsi atau lainnya sehingga tak bisa dioperasi,” ungkap Dr Benni seraya menyampaikan operasi akan berlangsung selama 2 hari berturut-turut.

Sementara itu, Ketua panitia dr. Riski Prolina menjelaskan , ada dua agenda pelantikan pengurus BSMI Bengkalis Periode 2019-2024 diisi dengan kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis untuk kaum dhuafa. “Selamatkan satu mata, untuk terangi dunia” diharapkan betul-betul dirasakan manfaatnya oleh dhuafa yang menjalani operasi ini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini membawa manfaat bagi ibu dan bapak yang mempunyai keterbatasan dalam penglihatan,” harapnya.

Ikut hadir dalam kegiatan itu, Kadis Kesehatan Bengkalis diwakiki dr Donariska, anggota DPRD Bengkalis Abi Bahrun, BSMI Pusat, dr Jamal dan H Abdul Gaffar, Penasehat BSMI Bengkalis dr, H. Fidel Fuadi Datuk Majo Basa, Ketua IDI Bengkalis dr Rinaldi, Kapolsek Mandau, Sekcam Mandau Muhammad Rusydy, serta puluhan peserta operasi katarak.

Direktur RS Permata Hati Duri, dr, Efrianti, M. Kes dan Kepala Cabang Mandiri Syar’iah Mandau Yuyun Sundari juga terlihat hadir di kegiatan itu. (susi)