DURI (Riaulantang)- Niat warga untuk mempunyai masjid di kawasan padat pemukiman BTN Tegal Sari RT 06 RW 20 Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau begitu besar. Kendati pembangunan masjid sudah bengkalai sejak tahun 2016 lalu, tapi Minggu pagi (10/03/19) warga kembali mengerjakan bengkalai masjid itu. Harapannya masjid bisa digunakan tahun 2019 ini.

Uluran tangan donatur pun sangat dibutuhkan untuk pembangunan Masjid Almuhajirin yang merupakan peningkatan dari Mushala Almuhajirin yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari lokasi mushalla.

Mengerahkan sekitar seratusan jamaah masjid dan warga RT 6, RT 8 serta tokoh masyarakat itu, upaya mengiatkan kembali pembangunan masjid
pun di mulai. Anggota DPRD Bengkalis Syaiful Ardi yang merupakan warga tempatan pun terlihat bahu membahu mengerjakan lanjutan pengecoran tiang masjid yang lama terbengkalai itu.
Harapannya sama agar masjid bisa segera di fungsikan lantaran mushala yang ada sudah tak memadai lagi.

“Hari ini warga goro dan kita support. Mudah-mudahan niat baik warga memiliki masjid sendiri bisa teralisasi tahun ini. Mushala yang ada sudah tak memadai dan nanti dimanfaatkan untuk MDA,” jelas Syaiful yang ikut membantu material dan makan siang goro itu.

Tak hanya Syaiful, puluhan warga lain juga antusias mendukung aksi goro pagi itu. Berbagai jenis makanan dan minuman diantarkan untuk tenaga sukarela itu. Sekitar dua ratusan lebih nasi bungkus sudah disiapkan
untuk makan siang para pekerja dadakan itu.

“Kita bangga dengan semangat jamaah pagi ini. Ada sekitar 100 an lebih yang ikut goro. Mudah-mudahan makin banyak donatur yang menyumbang hingga pembangunannya tak terkendala lagi,” ujar Ketua pembangunan Masjid, Mukhlis.

Disampaikan Mukhlis, pembangunan Masjid Almuhajirin yang merupakan peningkatan status Mushala Almuhajirin itu sudah dimulai tahun 2013 lalu. Pondasi awal bangunan itu 23 M x 25 M diatas tanah seluas 35 M x 40 M yang dibeli atas sumbangan warga. Hanya saja karena terbatasnya dana, pembangunannya terkendala hingga tahun 2016.

“Ditahun 2016 sempat dilanjutkan lagi tapi kembali terkendala karena minimnya dana. Baru hari ini dilanjutkan lagi dan mudah-mudahan berkesinambungan hingga bisa dimanfaatkan tahun 2019 ini,” harap Mukhlis yang juga ketua RW 20 itu.

Agar pembangunan masjid bisa digesa, ungkapnya, dibutuhkan swadaya masyarakat dan uluran tangan donatur. Donatur yang ingin menyumbangkan bantuan bisa langsung mendatangi pengurus di Mushala Almuhajirin Jalan Andalas BTN Tegal Sari, atau menyalurkan bantuan melalui rekening Bank Mandiri Syariah 7050208413 atas nama Mukhkis QQ Masjid Almuhajirin.

“Bantuan donatur sangat kita harapkan untuk kelanjutan pembangunan ini,”harapnya.

Sementara itu antusiasnya warga mengantarkan makanan dan minuman membuat penuhnya hidangan untuk pekerja. Tak terkecuali nasi bungkus. Tak ingin mubazir makanan dan minuman serta nasi bungkus yang berlebih itu, pengurus pun berinisiatif langsung mengantarkan ke panti asuhan terdekat.
Sungguh kerja sosial dan kekompakan warga yang patut diajungi jempol.(susi)