BENGKALIS (Riaulantang) – Bupati Amril Mukminin, mengimbau kalangan ulama dan seluruh umat Islam di Kabupaten Bengkalis untuk menunaikan sholat Istisqo.

Imbauan untuk menunaikan sholat minta hujan tersebut terkait kondisi iklim saat ini serta kejadikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menimbulkan kabut asap di beberapa wilayah di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Secara tertulis, imbauan tersebut disampaikan Bupati Amril melalui Surat Edaran (SE) Nomor: 400/Setda-Kesra/SE-2019/89.SE tertanggal 15 Maret tersebut ditujukan kepada Camat se-Kabupaten Bengkalis, Ketua Badan Pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis dan Ketua Pengurus Masjid Besar Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

SE yang langsung ditandatangani Bupati Amril Mukminin tersebut berisi tentang ‘Himbauan Melaksanakan Sholat Istisqo Berjamaah’.

Adapun isi SE itu, “Sehubungan dengan kondisi iklim saat ini serta kejadian kebakaran yang menimbulkan kabut asap di beberapa wilayah Kabupaten Bengkalis, maka upaya yang kita tempuh diantaranya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
”Selanjutnya, “Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat melaksanakan sholat Istisqo secara berjemaah di wilayah masing-masing yang pelaksanaannya dikoordinasikan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat.

Selain kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis, SE yang terbit dua hari lalu itu, juga ditembuskan kepada Ketua MUI Kabupaten Bengkalis serta Ketua MUI Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.Kepala Bagian Kesra Setda Bengkalis H Hambali.

Sudah Dikoordinasikan
Ahad, 17 Maret 2019, Kepala Bagian Kesejahteraan Sekretariat Daerah (Kesra Setda) Bengkalis, H Hambali menjelaskan, SE Bupati Bengkalis tersebut sudah dikoordinasikan dengan MUI Kabupaten Bengkalis.

“Dilaksanakan oleh pengurus masjid kecamatan bersama MUI setempat, jika kondisi wilayah kecamatan tersebut iklimnya panas dan terjadi kebakaran hutan, serta sudah lama tidak turun hujan,” terang Hambali.(dwi)