Musrenbang 2019 Kecamatan Mandau

DURI (Riaulantang) – Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Yuhelmi mengatakan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) 2019, Kecamatan Mandau mendapat alokasi anggaran sekitar Rp 371,81 miliar.
Anggaran tersebut akan diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur sebesar Rp 307,92 miliar, sektor pendidikan sebesar Rp 17,89 miliar, sektor kesehatan sebesarRp 23,41 miliar dan transfer dana desa sebesar Rp 6,6 miliar.

Demikian Yuhelmi saat memberikan paparan pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019 di aula Kantor Camat Mandau, Rabu (13/2/2019) yang dibuka secara resmi oleh Camat Mandau Riki Rihardi.

Dikesempatan itu, Yuhelmi Musrenbang tersebut mampu meningkatkan pola pikir tiap pemangku kepentingan di desa dan kecamatan demi mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang lebih baik supaya bisa memiliki masa depan yang lebih cemerlang.

“Dengan dilangsungkannya Musrenbang ini diharapkan juga mampu meningkatkan silaturahmi dan kerjasama yang baik, serta terjalinnya sinergitas program kegiatan prioritas antara Pemerintah Kecamatan dengan Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Selanjutnya, Yuhelmi yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis tersebut berharap agar pihak Kecamatan sesegera mungkin melaksanakan program kegiatan yang telah tercantum pada APBD 2019 ini.

“Sesuai dari Bupati Bengkalis, jika ada proses kegiatan yang akan dilelang agar segera mungkin untuk dilaksanakan, kalau bisa bulan Maret ini, proses pelelangan tersebut sudah selesai,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Bengkalis melalui Abi Bahrum berharap, kegiatan yang belum terlaksana pada tahun 2018 lalu, diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun 2019 ini. Karena menurutnya, bagaimana kegiatan yang baru bisa dilaksanakan sementara kegiatan yang dahulu saja belum bisa dilaksanakan.

“Kami juga berharap kepada Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis agar kiranya dapat lebih memperhatikan aspirasi masyarakat, karena masyarakat sangat membutuhkan sentuhan dan bantuan dari pihak pemerintah,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Mandau Riki Rihardi, menurutnya Pemerintah Daerah harus memberikan perhatian lebih kepada Kecamatan Mandau, mengingat masih ada beberapa infrastruktur jalan yang ketika hujan selalu saja digenangi oleh air.

“Selain itu, kami juga ingin Pemerintah Daerah melalui OPD tekhnis untuk segera dapat menindakanjuti rumah ternak yang dianggap sangat meresahkan masyarakat, karena tidak menjaga kebersihan ternak dan lingkungannya,” ungkap mantan Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis itu.

Dijelaskan Riki Rihardi, Kecamatan Mandau juga telah memiliki satuan gagasan kebersihan, akan tetapi tempat pembuangan sampahnya masih kurang.
“Jika sampah sampah yang ada di Kecamatan Mandau ingin dibersihkan tetapi tidak ada tempat untuk menampung sampahnya bagaimana caranya Kecamatan Mandau ini bisa bersih. Oleh karena itu, kami berharap upaya Pemerintah Daerah untuk lebih melihat kondisi tiap kecamatan khsususnya Kecamatan Mandau ini,” katanya.

Hadir pada Musrenbang tersebut Anggota DPRD Bengkalis Ibra Teguh dan Abi Bahrum, sejumlah Kepala OPD, sejumlah Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Mandau, serta tokoh masyarakat di Kecamatan Mandau.(susi)