DURI (Riaulantang) – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di jalan Pipa Air Bersih, Kecamatan Bathin Solapan, tepatnya di seberang jalan kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bengkalis, Sabtu siang (16/03/19) sekira pukul 13.45 WIB nyaris habiskan satu unit travo milik PLN. Untung saja api yang membakar semak belukar dan ilalang itu tak berkobar besar sehingga travo terselamatkan. Hanya saja kabel PLN yang terbakar membuat ledakan hingga warga ketar ketir.

Khawatir karhutla yang meluluhlantakan lahan sekitar 1 ha itu, warga pun segera menghubungi petugas pemadam kebakaran (damkar) Mandau. Tak menunggu lama, petugas damkar langsung turun kelapangan dan memadamkan api.

Menurunkan 1 regu, tim yang dipimpin danru Jefrianto langsung bekerja. Menurut Jefri, dinformasikan ada travo yang terbakar di kawasan itu.

“Laporan ke kami ada travo yang terbakar. Ternyata hanya ledakan kabel penghubung ke rumah warga. Travonya selamat karena kobaran api mengecil pas di keliling travo,” jelas Jefri.

Kendati api sudah tak membara lagi, tapi tim damkar yang dipimpin Jefri ini langsung bekerja. Lahan yang masih mengepullan asap disiram demikian juga semak belukar kelilingnya untuk pendinginan.

“Api kecil perlu dipadamkan agar tak menyulut kebakaran baru lagi. Maklum cuaca terik seperti ini sangat rentan. Makanya kita harap kesadaran warga agar tak membuka lahan dengan cara membakar,”pungkasnya.

Sementara itu kebakaran yang terjadi di kawasan yang tak jauh dari pemukiman itu sempat membuat seorang ibu nyaris terkepung api. Saat berkendara melewati kawasan itu api tiba-tiba membesar. Ibu yang berada di atas motor tersebut panik.

Riaulantang.com yang berada di TKP meminta ibu itu tenang sembari menunggu api kecil. Setelah dipastikan kondisi aman, ibu itu baru dibolehkan melintasi kawasan yang terbakar itu. (bambang)