DURI (Riaulantang)- Kobaran api hingga Rabu siang (26/07/17) ini masih membara meluluhlantakkan belasan hektar lahan di daerah  Tegar, Cucut desa Buluh Manis, Kecamatan Batin Solapan. Puluhan personil gabungan, TNI, polisi serta damkar Mandau sudah bertungkus lumus memadamkan api. Namun luasnya  lahan yang terbakar membuat api sulit dipadamkan. Kendati sudah dibantu 2 Heli BNBP tapi api masih belum bisa  dipadamkan.

Danru Damkar Mandau,  Jefri yang berada di TKP menjelaskan dia dan belasan personil damkar sudah dua hari berada di TKP. Upaya pemadaman terus dilakukan mengunakan mesin portable dan mesin apung, tapi api masih belum bisa dipadamkan.

“Sudah dua hari kami sini. Tapi api masih membara. Hari ini bantuan tim gabungan bertambah lagi. Hitung-hitung ada sekitar 50 petugas ni di lapangan,” ujar Jefri.

Terkait berapa hektar luas lahan yang terbakar, Jefri tak berani memberikan angka pastinya. Menurutnya wewenang itu baiknya langsung ditanya ke Danramil dan Kapolsek Mandau yang sama-sama berada di lapangan.

“Kalau untuk luasnya lahan yang terbakar, kita masih dalam tahap pendataan,” jelas Danramil Mandau, Kapt (inf) Mendrofa bersama Kapolsek Mandau, Kompol Ricky Ricardo, Sik yang terus memantau upaya pemadaman di lapangan ini. (Susi)