ROKANHILIR (Riaulantang)–Calon Wakil Gubernur Riau nomor urut 4, H.Suyatno kampanye dialogis di Bagansiapiapi, Jalan Mawar, Selasa (15/5/18).Saat berorasi didepan massa yang hadir, Bupati Rohil cuti ini membeberkan mengapa dirinya bersedia mendampingi Andi Rahman (Cagubri) di Pilgubri 2018 ini.

“Sebelum saya memutuskan mendampingi pak Andi, banyak tokoh-tokoh menemui saya, mereka menyarankan saya untuk berpasangan dengan pak andi. Termasuk Plt.Gubri yang juga tokoh Rohil. Setelah saya berpikir-pikir panjang dan melakukan diskusi, Akhirnya saya menerima saran dari tokoh-tokoh itu,”katanya.

Suyatno menambahkan, saat dirinya memutuskan maju sebagai Calon Wakil Gubernur Riau mendampingi Gubernur Petahana, sang Istri, Wan Mardiana Suyatno tidak setuju dengan apa yang sudah putuskannya.

“Ibuk bilang, urusan dunia tak pakai habis-habisnya.Tapi saya bilang saya masih ingin mengabdi kepada bangsa dan negara khusus untuk rakyat riau,” ujarnya.
Namun lanjut Suyatno, dirinya tidak memutuskan begitu saja,Ia terlebih dahulu mempelajari program-program Andi Rahman selama menjadi Gubernur Riau.
” Yang paling saya herankan, mengapa pak andi membawa Pak Wan Thamrin menjadi Wagubri. Padahalkan banyak tokoh-tokoh lain. Inilah salah satu pertimbangan saya. Satu lagi, pos anggaran untuk Rohil saat itu berada diurutan kedua setelah Pekanbaru,”ungkapnya.

Mantan Camat Bagan Sinemnah ini juga menyampaikan bahwa setelah dirinya membuat keputusan, Ia meminta kepada Andi Rahman untuk membuat suatu komitmen yang mana jika terpilih pada pilgubri nantinya Kabupaten Rokan Hilir harus diperhatikan dan semua program-program kerja khusus untuk negeri seribu kubah dibawah kendalinya.

“Saya sudah punya komitmen kepada pak andi, Semua program-program dan janji-janji yang sudah disepakati jika terpilih nanti harus ditepati,Salah satu contoh Jalan-jalan yang rusak harus di perbaiki dan jalan-jalan lintas pesisir yang belum tersentuh pembangunannya sama sekali harus di anggarkan. Khusus Rohil saya yang akan mengingatkan pak andi nanti,”sebutnya.

Terkait dengan adanya isu yang beredar bahwa Rohil tidak mendapatkan Bantuan Keuangan (Bankeu) dari pemerintai Provinsi Riau, Dia menjelaskan bahwa saat ini sudah direvisi karena terjadi kekeliruan.

” Saya mendapat informasi itu langsung menghadap pak andi,Saya bertanya kok Rohil tidak ada,Dan sekarang permasalahan itu ditangani Gubri cuti,”paparnya. (Jon)