Kamis Bersih di kelurahan Air Jamban Mandau

DURI (Riaulantang) – Program Kamis Bersih Pemerintah Kecamatan Mandau kembali dilaksanakan di Kelurahan Air Jamban, Kamis (14/02/19). Sasarannya tumpukkan sampah yang berada di areal Kantor UPT Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil) Mandau. Maklum areal ini kerab di jadikan tempat pembuangan sampah hingga tumpukkan sampah cukup tinggi berada di gerbang belakang kantor pemerintahan ini.

Berbeda dengan Kamis bersih sebelumnya yang dipimpin langsung Camat Mandau, Riki Rihardi, Kamis bersih kali ini dipimpin Sekcam Mandau, Muhammad Rusydy. Camat dikabarkan sakit hingga tak bisa hadir di kegiatan ini.

Melibatkan anggota Koramil Mandau, Lurah Se-Kecamatan Mandau, Kepala UPT, Kasi dan Kasubbag serta seluruh staff Se-Kecamatan Mandau kegiatan Kamis bersih bergotong royong membersihkan lingkungan Kelurahan Air Jamban dimulai.

Pihak Kelurahan beserta RT/RW dan warga Air Jamban tak ketinggalan dalam kegiatan ini. Mereka membersihkan areal seputaran UPT disdukcapil hingga seputaran Jalan T. Zainal Abidin. Semak belukar yang tumbuh di kiri kanan jalan dicabut. Tumpukan sampah di angkut dan got tersumbat dikeruk.

Disela kegiatan ini Sekcam M Rusydy kembali menjelaskan program Kamis Bersih ini tetap diselenggarakan setiap satu bulan sekali, dengan lokasi yang dilaksanakan berbeda-beda sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

“Untuk di Kelurahan Air Jamban kegiatannya dimulai dari Lingkungan UPT disdukcapil (sebelumnya Pujasera-red) dan areal keliling kantor ini,” jelasnya.

Turut serta dalam kegiatan kali ini satuan Tugas (Satgas) Sampah yang sudah dibentuk. Satgas ini nantu akan berpatroli, menegur dan menasehati siapa saja yang membuang sampah sembarangan. Untuk itu Lurah dan Kepala Desa diminta untuk mensosialisasikan keberadaan Satgas agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dengan masyarakat di lapangan.

Langkah itu diambil untuk mewujudkan dan menciptakan Kecamatan Mandau yang Bersih, Indah dan Asri.(susi)