Pekanbaru (Riau Lantang) – Meskipun telah diresmikan namun, masyarakatRiau khususnya Kota Pekanbaru baru dalam minggu ini bisa menikmati dan melintasi jembatan Siak IV sebagai sarana penghubung antar daerah diKota Bertuah..
Belum dipergunakannya jembatan Siak IV disebabkan batas waktu yang dijanjikan,

Rekom tertulis dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI baru keluar setelah peresmian. Dalam beberapa hari kedepan sudah tidak ada masalah dan dapat dilintasi berbagai jenis kendaraan.

Anggota Komisi IV DPRD Riau yang membidangi masalah infrastruktur AsriAuzar mngatakan dibukanya jembatan Siak IV sebagai akses perhubungan secara masyarakat harus menunggu rekom yang dikeluarkan oleh Kementerian PUPR RI setelah uji kelayakan yang dilakukan oleh StafAhli baik dari PUPR maupun Profesor dari UGM, UI, ITB dan lainnya.

“Jadi masyarakat harus sabar, mereka menjanjikan sebelumnya selama dua minggu sudah dikeluarkan pasca peresmian, berarti minggu ini. Jadi ada beberapa pertimbangan dan perhitungan tekhnis yang harus dikaji secara spesifik, karena menyangkut dengan keselamatan manusia,”papar AsriAuzar baru-baru ini.

Politisi Partai Demokrat ini, berharap dari uji beban yang dilakukan oleh pakar-pakar jembatan dan jalan ini tidak ada masalah dan bisa dibuka sesuai yang ditargetkan. Karena pembangunan jembatan tersebutmenyedot anggaran miliaran rupiah.

“Kita nanti juga akan mengikuti apa yang direkom oleh para pakar dfarikementerian serta perguruan tinggi. Kemudian seandainya ada yang harus dilakukan perbaikan ringan harus dibenahi dulu, jangan dibuka. Sebab,nyawa manusia lebih berharga dibanding buru-buru membuka jembatan Siak IV tersebut,”tutur Asri.(afa)