DURI (Riaulantang)- Dalam beberapa hari kedepan proyek pengerjaan Jembatan Semunai di Lintas Duri-Pekanbaru, Km 114 sisi kiri jalan akan segera di kerjakan. Konsekwensinya sistem buka tutup jalan pun akan diberlakukan. Untuk itu jauh hari, agar macet di jalur ini tak berlarut nanti, dinas perhubungan Bengkalis menghimbau pengendara tertib lalu lintas dan tidak menyerobot antrian.

“Dalam dua atau tiga hari ini akan dikerjakan sisi kiri jembatan Semunai itu. Sistem buka tutup akan diberlakukan. Untuk itu kita berharap pengendara tertib agar antrian tidak mengikat,” jelas Kadis Perhubungan, H Jaafar Arif di Duri, Kamis (26/07/17).

Untuk kelancaran arus lalu lintas di Lintas  ini, Jaafar bersama jajaran lantas Polsek Pinggir akan turun ke lapangan. Kontraktor pelaksana akan dipanggil agar bisa memperhatikan masalah rambu dilintas ini.

“Siang ini kita akan tinjau kelapangan. Panggil Kontraktor untuk mengetahui kondisi proyeknya. Jika mereka butuh  bantuan  dari kepolisian akan beri bantuan sehingga tindak ada kendala,” ujar Jaafar yang diamini Kanit Lantas Polsek Pinggir, Iptu Edwin Sunardi.

Menurut Jaafar untuk kelancaran arus di ruas yang padat lalin ini, pihak kontraktor di himbau memasang plang dan rambu-rambu. Tidak hanya itu daerah rawan laka di pendakian yang kerab membuat mobil terguling juga harus mendapat perhatian khusus.

“Kita harap diJalur rawan laka dipendakian dipasang traffic core hingga kendaraan tidak bisa memotong di ruas itu,’ ungkapnya.

Masalah petugas  yang nanti akan mengatur buka tutup jalan juga mendapat perhatian Jaafar. Menurutnya OKP yang akan membantu buka tutup jalan itu jangan memaksa pengendara untuk meminta sumbangan.

“Jangan memaksa minta uang ke pengendara karena nanti mereka yang mengatur arus akan diusahakan ada uang lelahnya dari kontraktor,” ungkap Jaafar. (Susi).