DURI (Riaulantang) – Bupati Bengkalis Amril Mukminin menghadiri peletakan batu pertama pembangunan gedung sekretariat Ika SMA Negeri 2 Mandau (Ikasmanda), Selasa (5/9/2017), di halaman sekolah tersebut. Di kawasan Pokok Jengkol, Kelurahan Gajah Sakti, Duri.

Pada kesempatan itu, sebagai alumni kehormatan SMA Negeri 2 Mandau, Bupati Amril memberikan dana stimulan pembangunan kepada Ketua Ikasmanda 2017-2022, Tajudin Nur sebesar Rp20 juta.

Kepada para alumni Bupati mengatakan, peran ikatan alumni atau Ika, tidak hanya penting dalam mewujudkan visi dan misi suatu lembaga pendidikan.Tapi dapat juga menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi sekolah di mata masyarakat.

Selain itu, katanya, keberadaan Ika juga dapat menjadi opener atau pembuka jalan para alumni yang lain. Khususnya alumni yang baru lulus, untuk masuk ke dunia kerja atau profesional.

“Karena itu, hampir semua sekolah berkualitas, selalu didukung Ika yang mumpuni pula.  Keberaan Ika yang demikian, dapat meningkatkan mutu lulusan sekolah tersebut,” paparnya.

Disisi lain Tajudin mengatakan, pembangunan gedung itu nanti dibangun tiga ruang, yaitu untuk ketua, pengurus dan perpustaan itu berukuran 7,5×12 meter. Sampai akhirnya nanti diestimasi akan menelan biaya lebih dari Rp100 juta.

“Jika selesai nanti, perpustakaan ini juga akan jika jadikan ruang konseling bagi adik-adik di SMA Negeri 2 agar dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ternama di tanah air,” ujar Tajudin yang merupakan alumni SMA Negeri 2 Mandau angkatan 1991

Untuk itu, katanya, pengurus akan mendatangkan para alumni yang saat ini bertebaran seperti dari Universitas Riau, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas Padang dan sebagainya.

Dia menambahkan, Ikasmanda akan terus berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Khususnya di Kecamatan Mandau.

“Target kita bagaimana ke depan SMA Negeri 2 Mandau ini “ikon”, menjadi salah satu sekolah terkemuka di daerah ini,” jelasnya, 

Selain istri Kasmarni, Terlihat hadir dalam acara peletakan, batu pertama itu  anggota DPRD Bengkalis Hendri, Wakapolres Bengkalis AKP Taufiq Hidayat Thayeb, Camat Mandau Djoko Edi Imhar, Danramil 04/Mandau Kapten Inf Y Mendrofa, Camat Talang Muandau Toharudin dan Sekcam Mandau Basuki Rakhmad.

Kemudian Kepala SMA 2 Mandau Hj Fadilah dan sejumlah majelis guru, Asisten perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra dan sejumlah  Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator, serta pengurus Ikasmanda 2017-2022.(hms)