DURI (Riaulantang)- Gebyar bagi hasil tahun 2018 Usaha Ekonomi Kelurahan (UEK) Kelurahan Batang Serosa, Kecamatan Mandau yang dilaksanakan di halaman Kantor UEK, Rabu siang
(20/02/19) berlangsung semarak. Ratusan pemanfaat yang hadir di kegiatan itu mendapat pembagian hadiah sesuai dengan besaran pinjaman masing-masing.

Dihadiri Camat Mandau di wakili Kasi PMD, Ahmad SH gebyar bagi hasil itu pun di mulai.

Ketua UEK Batang Serosa Syamsumar Buyuang menjelaskan Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun 2018 tidak lagi dibagi dalam bentuk doorprice tapi dibagikan rata kesemua pemanfaat.

‘SHU kali ini dibagi rata ke semua pemanfaat biar merata dan tidak menimbulkan kecemburuan seperti pemberian doorprice. Maklum kalau doorprice ada yang dapat ada yang tidak,” ujar Syamsumar.

Diungkapkannya 7 tahun perjalanan UEK Batang Serosa banyak manfaat yang sudah dirasakan masyarakat. Ada yang terbantu membuka dan meningkatkan usahanya, ada pula yang terbantu bebas dari rentenir.

“Hingga 2018 ini sudah Rp
21,1 Milyar dana yang digulirkan denhan pemanfaat 1.603. Mudah-mudahan ini bisa membantu mengurangi angka kemiskinan,” ujarnya lagi.

Diungkapkan Syamsumar, ditengah kemerosotan ekonomi yang saat ini terjadi, ternyata SHU malah naik di banding tahun lalu. Tahun ini SHU mencapai Rp 173 juta sementara tahun 2017 lalu Rp 143 juta. Makanya ada kenaikan pula dalam hal dana sosial yang dibagikan untuk masyarakat tak mampu.

“Tahun ini kita memberikan bantuan 130 paket sembako untuk warga tak mampu. Jumlah ini sedikit naik dibanding tahun 2017 yang hanya 100 penerima,” jelasnya lagi.

Terkait kemajuan yang diraih UEK Batang Serosa ini Camat Mandau, diwakili Kasi PMD Ahmad menyampaikan apresiasi dan berharap UEK Batang Serosa terus membenahi diri.

“Tingkatkan lagi layanan ke masyarakat sehingga masyarakat betul betul merasakan manfaat dari UEK ini,” ungkapnya.

Camat pun berharap penerima yang sudah mendapat pinjaman dari UEK bisa menunaikan kewajiban membayar cicilan bulanan. Jika cicilan lancar maka perputaran dananya akan lebih cepat dan makin banyak masyarakat yang merasakan manfaat UEK.

“Laksanakan kewajiban. Bayar angsuran. Usahakan jangan sampai menunggak,” pesannya.

Senada Lurah Batang Serosa, Syahrido SP dan Korcam Mandau, Hendra juga berharap manfaat UEK Batang Serosa akan makin di rasakan masyarakat. Apalagi UEK Batang Serosa bisa dikatakan perintis UEK di Kecamatan Mandau.

“Tingkatkan lagi prestasinya menjadi yang terbaik. Tahun ini UEK Batang Serosa rangking 4 dibawah Talang Mandi,” ujar Korcam Hendra.
Terlihat hadir perwakilan Bank Riau Kepri Rodhi Sadrian, Bhabimkamtibmas dan ratusan warga.(susi)