DURI (Riaulantang)– Camat Talang Muandau, Ruslan mengukuhkan Forum Anak (FAN) di kecamatannya. Pengukuhan kepada 16 orang anak usia dibawah 18 tahun itu dilakukan di Kantor Camat Talang Muandau pada Kamis, 14 Maret 2019.

Dimulai pukul 14.00 WIB, acara pembentukan dan pengukuhan dihadiri oleh perwakilan siswa/siswi SMP dan SMA sederajat, sejumlah Kepala Desa, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama serta jajaran Pemerintah di Kecamatan Talang Muandau.

Camat Ruslan berharap FAN menjadi Wadah untuk anak-anak melaksanakan kegiatan positif sebagai bekal untuk menjadi generasi penerus bangsa yang handal dan berakhlak mulia.
Ruslan juga mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan FAN Kecamatan Talang Muandau. Dimana dimulai dengan pengasuhan anak yang berkualitas ditengah keluarga dan memberikan kemudahan untuk anak beraktifitas di forum ini.

Atas pembentukan ini Camat Ruslan menginstruksikan sembilan desa di Kecamatan Talang Muandau membentuk FAN, karena pembinaan FAN dilaksanakan secara berjenjang mulai dari desa hingga pusat.

Kemudian Ketua Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Bengkalis, Masuri yang mengungkapkan bahwa pemenuhan hak anak sangat penting dilakukan karena berpengaruh terhadap kepribadian anak saat dewasa nantinya.Maka dari itu, Masuri berjanji akan memfasilitasi kegiatan FAN yang dinilainya sangat positif untuk mencegah perlakuan negatif anak-anak di Kabupaten Bengkalis khususnya Kecamatan Talang Muandau.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis, Wasiah yang juga menaruh harapan besar kepada FAN di seluruh kecamatan di Kabupaten Bengakalis termasuk Kecamatan Talang Muandau.

Wasiah mengatakan bahawa FAN juga dapat turut berperan memberikan masukan dalam proses perencanaan, pemantuan serta evaluasi kebijakan program dan kegiatan pembangunan daerah. Hal ini bisa diujudkan dengan melibatkan FAN dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan.

Forum Anak Kecamatan Talang Muandau diketuai Rani Mutia dan Wakil Ketua Muklis Ardiansyah. Sekretaris Nurmaidah, Wakil Sekretaris Fransiskus. Koordinator Divisi Pendidikan dan Pelatihan Fhinta Aryika, Koordinator Divisi Kesehatan dan Kesejahteraan Salas Rahayu, Koordinator Bidang Kesenian dan Budaya Hariati dan Koordinator Partisipasi dan Kaderisasi Niza Azzhara.(susi)