Pekanbaru (Riau Lantang) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru sejak awal Januari 2019 telah berhasil menertibkan sekitar 3.700-an lampu jalan (penerangan jalan umum/PJU) yang dibangun berdasarkan swadaya masyarakat.

Sementara itu dari data Dishub Pekanbaru sendiri tercatat sekitar 23.800 lebih PJU yang dibangun oleh masyarakat,tetapi dibayar oleh Pemko Pekanbaru.

Kepala Bidang Keselamatan Tekhnik Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru Tengku Ardi didampingi Kepala Seksi Penerangan Jalan Umum (PJU) M.Anshar mengemukakan hal tersebut, Jumat (08/01/2019).

Disampaikan, bahwa setidaknya ada 23.800 lebih PJU yang dibangun warga melalui swadaya, tetapi beban pembayaran kepada pihak PLN dilakukan Pemko Pekanbaru, sehingga harus dilakukan penertiban termasuk dengan melakukan pergantian bola lampu dari watt besar ke kecil.

“Dalam setahun setidaknya Rp 12 miliar lebih tagihan dari PJU swadaya masyarakat tersebut menjadi beban pihak Pemko Pekanbaru, sementara itu sepanjang tahun 2018 saja Dishub Pekanbaru menunggak pembayaran PJU kepada pihak PLN mencapai Rp 86 miliar.Sehingga keputusan penertiban terpaksa kita lakukan sejak awal Januari dan sudah 3.700 lebih PJU yang kita tertibkan,”ulas Tengku Ardi.

Kemudian tukasnya, diseluruh kota Pekanbaru sendiri terdapat 41 ribu lebih PJU baik yang dibangun Pemko Pekanbaru maupun swadaya masyarakat. Langkah penertiban dilakukan sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru nomor 20 tahun 2017 tentang lampu jalan.Dimana Pemko Pekanbaru hanya berkewajiban membayar tagihan listrik PJU terhadap PJU yang dibangun Pemko sendiri.
Dalam penertiban sambung Tengku Ardi, melibatkan berbagai pihak dengan nama Tim Penertiban dan Pergantian PJU non Meterisasi Kota Pekanbaru.Tim itu sendiri diketuai Walikota dengan struktur Wakil Walikota,Dinas Perhubungan, Kejaksaan Negeri, Polresta, Satuan Polisi PamongPraja, Dandim, Asisten II Setdako dan berbagai pihak lainnya.

“Target kita setidaknya dalam beberapa bulan kedepan penertiban sudah selesai dilakukan terhadap PJU yang dibangun swadaya masyarakat.Minimal dalam enam bulan kedepan semua PJU yang dibangun warga sudahselesai ditertibkan, termasuk pergantian bola lampu,”tutup Tengku Ardi.(afa)