BENGKALIS (Riaulantang) – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 akan ditaja di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Sabtu, 9 Februari mendatang.Kali ini tema HPN adalah soal digitalisasi. Sebuah gejala atau fenomena yang sedang menguat di Indonesia.

Adapun tema HPN 2019 dimaksud yakni, “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengajak, seluruh insan pers, khususnya yang bertugas di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, menjadikan peringatan HPN 2019 sebagai momentum penguatan peran jurnalis sebagai penghubung atau jembatan dan sekaligus ujung tombak ekonomi kerakyatan berbasis digital.

“Khususnya pembangunan ekonomi di Kabupaten Bengkalis ini,” ajak Bupati Amril, Kamis, 7 Februari 2019, seraya tidak lupa mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2019”.

“Baik atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami ucapkan, ‘Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2019’ kepada seluruh rekan-rekan jurnalis. Utamanya yang bertugas di Kabupaten Bengkalis,” kata Bupati Amril.

Di bagian lain, mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini mengajak insan pers untuk senantiasa menjadi salah satu garda terdepan dalam merawat semangat kebhinnekaan, menjaga semangat dan nilai-nilai kebangsaan di tengah-tengah masyarakat.Kemudian, ajaknya lagi, seluruh insan pers di daerah ini dapat menjadi pelurus berbagai informasi hoaks (hoax) yang akhir-akhir ini banyak dan dengan mudah berkembang di masyarakat.

“Bukan sebaliknya. Tidak mau tahu atau justru ikut-ikutan menebar berita bohong. Pers harus tetap independen. Kalau pun mau memberikan kritik sampaikan dengan santun dan bermarwah, tanpa perlu menghujat atau menghakimi,” sarannya.

Sebagai salah satu pilar demokrasi, Bupati Amril juga berharap, seluruh wartawan berperan aktif, ikut mengawal sehingga Pemilu Serentak 2019 pada 17 April mendatang, khususnya di Kabupaten Bengkalis, berlangsung aman, damai, sejuk dan demokratis.(susi)