Camat Mandau Riki Rihardi didampingi Ketua PKK Dewi Asdinar terima lukisan kaligrafi Kafilah Pematang Pudu

DURI (Riaulantang)- Dilepas Camat Mandau, Riki Rihardi, ribuan peserta meriahkan pawai takruf MTQ tingkat Kecamatan Mandau ke 45. Syiar islami untuk helat MTQ yang akan dibuka malam ini, Sabtu (30/03/19) oleh bupati Bengkalis Amril Mukminin di komplek Kantor Camat Mandau ini begitu terasa. Lantunan lagu-lagu islam dari tabuhan rebana serta mobil hias bernuansa masjid, Alquran dan lainnya memeriahkan iring-iringan pawai yang menempuh rute Pokok Jengkol-Sudirman dan finish di Kantor UPT Capilduk Mandau ini.

Kepada ribuan peserta dan masyarakat yang memadati area pawai, Riki menghimbau untuk menyemarakkan syiar islam MTQ ke 45 ini, dengan tetap menjaga ketertiban dan keamanan. Dan yang lebih penting lagi, menjaga kebersihan lingkungan.

“Terimakasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat menyemarakan pawai ini. Tetap jaga ketertiban dan keamanan. Dan jangan membuang sampah sembarangan. Mari sama-sama kita ciptakan kota Duri yang bersih dan sehat,” ujarnya sembari menghimbau masyarakat menghadiri pembukaan MTQ di halaman Kantor Camat Mandau, Sabtu malam ini.

Sementara itu pawai takruf yang diikuti 11 desa/kelurahan serta gabungan UPT se Kecamatan Mandau ini diawali dengan pelepasan kafilah Kelurahan Talang Mandi. Dipimpin langsung Lurah, Zama Riko, Talang Mandi mengusung spanduk besar bertuliskan Kafilah Talang Mandi, MTQ Tingkat Kecamatan Mandau ke 45 lengkap dengan tema “Melalui MTQ ke 45 kita gali potensi minat dan membaca Quran menuju generasi Quran yang unggul cerdas dan berakhlakulqarimah.

Setelah itu berturut-turut kafilah Kelurahan Air Jamban yang menurunkan peserta dengan jumlah terbanyak. Disusul Duri Barat, Babussalam, Pematang Pudu dan lainnya. Suasana begitu semarak dan meriah karena masing-masing kelurahan membawa grop rebana, marching bank, mobil hias dan tampilan-tampilan ciri khas islami sesuai dengan kreasi masing-masing.

Masyarakat disepanjang rute pun tak kalah antusias. Dikiri kanan jalan masyarakat berjejer menonton jalannya pawai. Beragam komentar diberikan warga tak lupa mengabadikan momen berharga ini.

“Pawai kali ini lebih meriah dan ramai. Pesertanya banyak dan mobil hiasnya bagus-bagus,” ujar Yeni warga Sudirman yang berdiri di depan Kantor Kelurahan Batang Serosa.

Ikut mendampingi Camat di kesempatan itu Ketua Tim Pengerak PKK Kecamatan Mandau, Dewi Asdinar, Ketua LAMR, Dzulfikar Indra, Kapolsek, Danramil serta tokoh agama dan tokoh masyarakat (susi)