BAGANSIAPIAPI (Riaulantang)-  Ketua Majelis Pembina Ranting (Kamabiran) Pramuka Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) melantik pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka Palika. Pelantikan dilaksanakan di aula Kantor Camat Palika, Rabu (14/6) sore.

Hadir dalam pelantikan itu Kepala Kwartir Cabang (Kakawarcab) Pramuka Rohil, Drs H Surya Arfan M.Si  beserta sejumlah Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika).

Surya Arfan mengatakan, pelantikan sesuai dengan AD dan ADRT Pramuka Rohil dan diharapkan pengurus ranting yang dilantik bisa mengembangkan pramuka di Kecamatan Palika. “Pramuka ekskul wajib di setiap sekolah, jadi pesan kita agar terus ditingkatn berbagai kegiatan pramuka yang ada,” kata Surya Arfan.

Dia juga meminta agar Pengurus Ranting bisa melakukan berbagai pembinaan kepada para kader-kader baik tingkat siaga, penggalang dan penegak di berbagai sekolah. Ia juga menyebutkan bahwa biasanya untuk pembinaaan pramuka diberikan bantuan dana setiap tahunnya sebesar 50 juta setiap tahunnya.

“Untuk tahun ini jauh berkurang karena keterbatsan dana kita, kemungkinan hanya 10 juta setiap kecamatan,” katanya yang juga merupakan Sekretrais Daerah (Sekda) Rohil itu.

Namun demikian tak lantas membuat para pengurus pramuka bermalas-malasan dalam melaksanakan tugas, apalagi pembina disetiap kecamatan langusung oleh camat masing-masing sehingga diharapkan bisa melakukan sinergi dalam menjalanlkan program yang telah direncanakan.

“Pramuka ini semi militer karena kita dibina untuk disiplin dan bisa beraktifitas dalam kondisi apapun, dana bukanlah ukuran bagi para pramuka sejati dalam melakukan aktifitas,” pesan Surya Arfan.

Sementara itu Kamabiran Palika, Idris mengajak semua pengurus ranting untuk menjalankan program pramuka di Kecamatan dengan sebaik-baiknya. Apalagi kebanyakan pengurus merupakan guru dan pembina disekolah-sekolah.

“Kita yakin Pramuka di Palika akan eksis, apalagi saya selaku Camat menjamain semua Upika kompak dalam emmebesarkan salah satu kegiatan yang menempa kedisplinan yang luar biasa ini.” pungkas camat. (Jon)