PEKANBARU (Riau Lantang) – Cukup aneh acara jalan sehat yang diadakan pada Minggu (03/03/2019) pagi di jalan Sudirman dan Cut Nyak Dien kota Pekanbaru malah bertemakan “Melawan Hoax dan Fitnah di Bumi Lancang Kuning”. Acara yang diikuti Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Gubernur Syamsuar tersebut cukup ramai diikuti warga.

Kegiatan yang juga dihadiri, Walikota Pekanbaru Firdaus, Kapolda RiauIrjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Brigjen TNI Mohammad Fadjar serta berbagai unsur lainnya ini juga diramaikan ribuan masyarakat yang kebetulan menggelar kegiatan car free day (CFD) dikawasan tersebut.

Tidak seperti peserta lain yang berbaju kaos, Luhut Binsar Panjaitan tidak mengenakan kaos layaknya orang jalan santai atau jalan sehat tetapi mengenakan kemeja warna putih layaknya sebuah acara resmi.

Tema yang ditonjolkan yakni melawan hoax dan fitnah di bumi lancang kuning sempat menjadi pertanyaan para peserta jalan sehat, karena jelas tidak singkron dengan kegiatan yang dilaksanakan disaat wargakota Bertuah berolahraga di pagi hari.

Tema ini dipandang tidak relevan karena lebih cendrung tagline kampanye politik dari kubu Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Makruf Amien yang akan dihelat pada 17 April nanti.

“Agendanya jalan sehat, tapi temanya melawan hoax dan fitnah kan gak nyambung. Kesannya ini jalan sehat tapi ada kampanye terselubung. Karena yang hadir Menteri Maritim Kabinet Joko Widodo,” ujar salah seorang peserta jalan sehat.

Sejumlah warga lainnya juga heran dengan tema ini, karena pemandangan yang tersajipun tidak biasa ada pejabat negara berpakaian resmi ikut jalan santai sambil mengkampanyekan anti hoax dan melawan fitnah. Meski begitu, warga tetap antusias mengikuti jalan sehat yang juga dihadiri para pejabat dari Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru ini.

Luhut sendiri berdasarkan agenda selain menghadiri kegiatan jalan sehat, pada Minggu siang tersebut melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Adapun kegiatan itu yakni sinergitas pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong pengelolaan sumber daya di daerah yang lestari guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Acara yang dipusatkan di lapangan Limuno Teluk Kuantan ini dijadwalkanakan dihadiri Bupati Kuansing Mursini beserta perangkat daerah lainnya.(afa)