DURI (Riaulantang)- Sebagai seorang pemimpin, eksistensi Kepala Sekolah (Kepsek) sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. “Bila kualitas pendidikan di suatu sekolah belum baik, maka dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebabnya kualitas kepemimpinan Kepsek juga belum baik,” tegas Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Amril mengatakan itu ketika membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Mutu Pendidikan, di Ballroom Surya Hotel, Duri, Kecamatan Mandau, Senin, 18 Desember 2017.

Kata mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini, Kepsek bertanggung jawab dan mempunyai kewajiban untuk berusaha agar semua potensi yang ada di sekolahnya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi tercapainya tujuan yang diharapkan.

“Kepsek menjadi salah satu faktor penting yang mampu mendorong sumber daya sekolah untuk mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah,” terang Amril.

Untuk itu, imbuh Amril, Kepsek harus mampu memobilisasi sumber daya sekolah. Baik itu dalam kaitannya dengan perencanaan dan evaluasi program, pengembangan kurikulum, pembelajaran, pengelolaan ketenagaan, sarana dan sumber belajar, keuangan, pelayanan siswa, hubungan dengan masyarakat, dan penciptaan iklim sekolah.

“Sebagai leader, seorang Kepsek harus memiliki beberapa kemampuan. Baik dari segi kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, visi dan misi sekolah, keputusan dan berkomunikasi berkomunikasi,” ujar Amril.

Di kesempatan itu, usai membuka Rakor, Bupati Amril juga menyerahkan 11 Surat Keputusan penegerian sekolah swasta. Kemudian menyerahkan cenderamata kepada mahasiswa yang meraih prestasi akademik, penghargaan kepada mahasiswa suku KAT terbaik, dan perlengkapan sekolah kepada perwakilan murid SD.

Sementara itu, dalam laporannya, Pelaksana Tuga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura, menjelaskan, Rakor yang akan berlangsung hingga besok tersebut, diikuti 640 peserta.

“Melalui Rakor iru diharapkan terciptanya sinergime dan pemahaman bersama antara Kepsek dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan pendidikan di Kabupaten Bengkalis,” Edi Sakura menjelaskan tentang salah satu tujuan Rakor.(rls)