BENGKALIS (Riaulantang) – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian H Raja Arlingga mengatakan, pada tahun 2019 ini, pihaknya akan melaksanakan pelatihan menjahit tingkat dasar.Meskipun belum menyebutkan kapan waktu pelaksanaannya, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

“Kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan wirausaha baru dalam program pengembangan industri kecil dan menengah (IKM),” jelas Raja Arlingga, Rabu, 27 Februari 2019.

Katanya, pelatihan tersebut nantinya akan diikuti 4 peserta dari setiap kecamatan yang ada di kabupaten dengan 11 kecamatan ini melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdagperin yang ada.Raja menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan IKM, sehingga IKM yang ada di Kabupaten Bengkalis mandiri. Untuk meningkatkan kemampuan penggunaan teknologi industri dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

“Selain menanamkan jiwa bekerja dan kewirausahaan, pelatihan ini juga untuk menjawab persaingan hasil inovasi industri yang semakin tinggi,” ujarnya.

Masih menurut Raja Arlingga, pelatihan tersebut ditaja mengacu pada program pengembangan IKM Kabupaten Bengkalis.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mewujudkan IKM yang berdaya saing, berperan signifikan dalam penguatan struktur industri nasional, berperan dalam pengentasan kemiskinan melalui pemerataan pembangunan industri,” katanya. (dwi)