PEKANBARU (Riaulantang) Gantikan Almarhum Azis Zaenal yang wafat dua bulan lalu, wakil Bupati dan Pelaksana Tugas Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto akhirnya dilantik sebagai bupati definitif sampai tahun 2021 mendatang.

Prosesi pelantikkan Catur dilakukan di Balai Serindit Pendopokediaman resmi Gubernur Riau jalan Diponegoro Pekanbaru, Selasa(12/02/2019).

Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Riau H.Wan Thamrin Hasyim atas nama Menteri Dalam Negeri. Diangkatnya Catur Sugeng sebagai bupati definitif Kampar tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Mendagri bernomor131.14.211 tentang pemberhentian dan pengangkatan Bupati Kampar, periode 2016-2021.

Gubri Wan Thamrin yang melantik Catur Sugeng sempat terisak tatkala menyebut nama alamarhum Azis Zaenal.

“Almarhum Pak Azis Zaenal kenal dekat dengan saya, beliau orangnya baik dan punya komitmen tinggi untuk memajukan kabupaten Kampar yang dibuktikan dengan raihan Adipura. Pada masa pak Azis dan pak Catur sebagai bupati dan wabup kemajuan Kampar mulai terlihat,”kata Wan Thamrin mengawali sambutannya.

Kepada Catur, Gubri berpesan supaya menjaga amanah yang diberikan tersebut, dengan tidak melakukan perbuatan tercela serta betul-betul memajukan kabupaten Kampar sesuai dengan julukannya “Serambi Mekkah”.Tata kelola pemerintahan harus terus dilakukan dengan baik termasuk reformasi birokrasi dengan menjauhi tindak pidana korupsi yang akan merugikan masyarakat Kampar.

Gubri juga mengharapkan kepada Bupati Catur untuk melanjutkan program kerja serta visi dan misi yang sudah disepakati dan dibuat bersama alamarhum Azis Zaenal. Wan Thamrin mengingat Catur juga untuk senantiasa merangkul tokoh-tokoh masyarakat kampar serta silaturahmi dengan keluarga almarhum Azis Zaenal.

“Tingkatkan pelayanan publik, dengan mendorong terciptanya inovasi daerah serta lakukan pedekatan kepada tokoh masyarakat Kampar. Juga peliharan adat istiadat, budaya dan kerukunan yang terwujud selama ini di Negeri Serambi Mekkah,”pungkas Wan Thamrin.

Pelantikan itu sendiri dihadiri 500-an undangan, mulai dari Forkominda Pemprov Riau dan kabupaten Kampar, Ketua dan anggota DPRD Kampar,sejumlah anggota DPRD Riau dapil Kampar, pemuka masyarakat dan lainnya.(afa)