DURI (Riaulantang) – Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Senin (18/12/2017) secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Sekolah se-Kabupaten Bengkalis tentang Percepatan Pencapaian Mutu Pendidikan yang dipusatkan di Aula Hotel Surya, Duri.

Selain dihadiri Kepala Sekolah se-Kabupaten Bengkalis juga hadir kala itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura, Ketua beserta anggota Komisi IV DPRD Bengkalis, Camat Talang Muandau, Toharuddin, Kapolsek Mandau dan Pinggir, serta kepala UPTD Pendidikan se-Kabuapaten Bengkalis.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis mengatakan, Kepala Sekolah adalah salah satu penanggung jawab dan memiliki peran penting untuk menentukan keberhasilan dan kejayaan sekolah tersebut.

“Sebagai pemimpin yang ditugas mengelola manajemen sebuah lembaga pendidikan, seorang kepala sekolah bisa dikatakan berhasil ketika mampu mengarahkan tiga administratif pendidikan, yakni administrasi material, personel dan kurikulum untuk pengembangan aktivitas pengajaran dan belajar siswa dengan baik,” ujar mantan Kepala Desa Muara Basung itu.

Disamping itu, lanjut Bupati Amril, banyak rintangan yang dihadapi sebagai seorang pemimpin, tapi dengan bekal keikhlasan dan kerendahan hati yang dimiliki oleh seorang pemimpin, semua akan berjalan dengan baik dan mulus.

Lebih lanjut, mantan Anggota DPRD Bengkalis tiga periode itu menuturkan, kegiatan ini bertujuan sebagai menimba ilmu dan ajang silaturahmi, dan masih memiliki banyak makna yang bias didapatkan pada Rakor ini.

“Selain sebagai ajang silaturahim, Rakor ini diharapkan benar-benar dapat menjadi focus group discusion yang menghasilkan rekomendasi, rumusan dan masukkan yang bernas untuk dijadikan sebagai bahan acuan dan pedoman dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Bengkalis ke depan,” papar Amril.

Setelah membuka acara tersebut, dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan dan Penegerian Sekolah tahun pelajaran 2016/2017 kepada Kepala TK Pembina Kabupaten Bengkalis, Kepala UPTD Kecamatan Rupat, Kepala Sekolah Dasar Negeri 41 Kecamatan Pinggir, serta Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 18, 19, dan 20 Kecamatan Mandau.

Selain itu juga dilakukan penyerahan cenderamata kepada mahasiswa berprestasi akademik yang diterima oleh Ricer Simamora yang merupakan mahasiswa AMIK Mitragama, dan Ketua Komunitas Adat terpencil dan pemberian perlengkapan Sekolah kepada siswa SD.(rls)