JAKARTA (Riaulantang)- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan launching Gerakan Indonesia Bersih dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Kamis, 21 Februari 2019.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri PUPR, Basuki dan Wakil Menteri ESDM Archandra.Bersama gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia, Bupati Bengkalis juga hadir dalam Rakernas dan launching Gerakan Indonesia Bersih yang ditaja di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta.

Bupati Amril berharap Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dapat menjadikan Gerakan Indonesia Bersih ini menjadi gerakan masif yang melibatkan seluruh stakeholder dan segenap lapisan masyarakat.

Harapan tersebut disampaikannya, dikarenakan sampah bukan hanya berdampak pada satu bidang kehidupan. Misalnya masalah kesehatan saja.

“Tapi pada banyak hal. Selain kesehatan, sampah juga berdampak pada lingkungan, pariwisata dan bahkan mengancam masa depan generasi muda,” paparnya.

Mulai dari KitaSub tema Rakernas dan launching Gerakan Indonesia Bersih “Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”.Sesuai sub tema Rakernas, Bupati Amril mengajak seluruh warganya untuk bersama-sama mengelola sampah. Sama-sama mewujudkan Bengkalis bersih dari sampah.

“Mari kita kurangi sampah dan mulai dari diri kita, dari keluarga kita, dari rumah tangga kita. Mari kita bersihkan sampah sekitar kita. Mari kelola sampah di lingkungan kita masing-masing untuk hidup semakin bersih, kian sehat dan makin bertambah bernilai,” ajaknya sebelum menuju Auditorium Gedung Manggala Wanabakti.

Selain itu, Bupati Amril meminta seluruh aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk dapat menjadi panutan masyarakat dalam pengelolaan sampah. Khususnya di tempat tinggal masing-masing.

Bupati Amril juga mengajak warganya untuk membiasakan untuk mengurangi pemakaian plastik atau bahan-bahan lain yang sulit terurai.
Kepala Perangkat Daerah/Unit kerja yang ikut mendampingi Bupati Amril mengikuti Rakernas dan launching Gerakan Indonesia Bersih di Kementerian LHK tersebut diantaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) H Arman AA, Kadis Kesehatan Ersan Saputra TH dan Kadis Kominfotik Johansyah Syafri.

Kemudian, Kabag Umum Setda Bengkalis H Alfakhrurazzi, Kabag Humas Settda Bengkalis HM Fadli dan Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 DLH HM Syafii.(rls)