PINGGIR (Riaulantang)– Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rahcman, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Bengkalis, di Astaka Utama halaman kantor Camat Pinggir, Minggu malam (1/10/2017).

Pembukaan yang ditandai dengan penekanan serinai dan disambut dengan tabuhan kompang serta kembang api yang seakan mewarnai langit Astaka Utama MTQ, di halaman kantor Camat Pinggir, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Bupati Rokan Hilir Suyatno dan Walikota Dumai yang diwaliki Sekretaris Kota M Nasir, serta pimpinan DPRD Provinsi Riau dapil Dumai, Bengkalis dan Meranti, Sunaryo.

Turut terlihat hadir juga Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir dan sejumlah anggota DPRD Bengkalis, Kepala Polres Bengkalis AKPB Abas Basuni, Dandim 303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faizal Helmi, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, Kepala Kantor Kementerian Agama Jumari, Ketua MUI Bengkalis Amrizal, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat Pinggir Djamaludin dan seluruh camat se-Kabupaten Bengkalis.

Saat memberikan sambutan, Gubri mengaku belum puas dengan hasil yang dicapai Provinsi Riau pada MTQ Nasional yang telah lalu. Karena belum mendapatkan prestasi sesuai harapan bersama.

“Maka kami sangat berharap, melalui MTQ tingkat kabupaten ini, Bengkalis dapat menjadi kabupaten yang terbanyak mengutus qori-qori terbaik pada MTQ Provinsi nanti. Dan tentunya dapat mengharumkan nama Provinsi Riau di tingkat Nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan kehadiran Gubri di Negeri Junjungan pada perhelatan MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis di Kecamatan Pinggir, merupakan sebuah penghargaan bagi masyarakat kecamatan Pinggir dan Kabupaten Bengkalis pada umumnya.

Sebagai kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan, Amril juga berharap qori-qoriah yang mengikuti MTQ tahun ini dapat benar-benar menjunjung tinggi sportifitas tanpa ada kecurangan. Sehingga harapan untuk terus menggunakan anak watan dengan hasil yang maksimal tidak tercedrai.

“Kepada seluruh umat Islam, kami berharap untuk menjadikan perhelatan MTQ sebagai sarana untuk meningkatkan kecintaan gemar membaca Al-Qur’an. Dan untuk mendukung program ini, sampai hari Pemkab Bengkalis tetap konsisten menggelorakan semangat budaya maghrib mengaji dan budaya gemar membaca Al-Quran satu hari satu juz,” tuturnya.(e-mtq)