BENGKALIS (Riaulantang) – Untuk meningkatkan kesadaran umat Islam melaksanakan zakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis gencar sosialisasi sampai ke ceruk kampung. Seperti pada Rabu siang, 20 Maret 2019, institusi yang dikomandani ustadz Ali Ambar ini, melakukan sosialisasi di Desa Muntai, Kecamatan Bantan.

Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Desa Muntai, Nurin, mendapat sambutan antusias oleh masyarakat setempat. Masyarakat mendapat siraman rohani tentang penyaluran zakat.

Selama ini, kata Ali Ambar, masih ada anggapan sebagian dari masyarakat beranggapan, bahwa zakat itu hanya terkait dengan zakat fitrah. Padahal, zakat itu meliputi zakat harta maupun zakat penghasilan pertanian maupun ternak.

“Makanya, kita terus secara gencar melakukan sosialisasi kepada umat Islam sampai ke ceruk-ceruk kampung. Alhamdulillah, kehadiran kami disambut baik,” ujar alumni Universitas Al Azhar Mesir ini.

Lebih lanjut, Ali Ambar menjelaskan hikmah zakat dan program program yang sangat membantu pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. Sesuai slogan zakat tumbuh bermanfaat. Dalam bahasa sederhana mengatakan 2.5 persen zakatnya 100 persen manfaatnyaSelain melakukan sosialisasi, Baznas Bengkalis juga menyalurkan zakat kosumtif serta menerima zakat dari UPZ Muntai.

Baznas juga menyalurkan zakat kepada salah seorang muallaf bernama Muhammad Indra yang bekerja sebagai nelayan sampan dayung. Kemudian, di Desa Kelebuk Kecamatan Bengkalis, Ali Ambar juga mengunjungi anak bernama Alhafiz Zaidan Irawan sakit tumor ganas.

Rombongan yang ikut dengan Ali Ambar pada sosialisasi tersebut, Wakil Ketua IV Sapuan dan Kepala Unit Pelaksana Arwani.(dwi)