BENGKALIS (Riaulantang) – Pemilu serentak tahun 2019 merupakan kesempatan berharga bagi rakyat Indonesia untuk memilih calon anggota legislatif yang memperjuangkan aspirasi rakyat, dalam mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator Bidang Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia, yang dibacakan Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, pada apel kesiapan pileg dan pilpres tahun 2019. Apel ini dilaksanakan Jum’at 22 Maret 2019 bertempat di lapangan tugu Bengkalis.

Turut hadir Bupati Bengkalis yang diwakili Sekda Bengkalis H Bustami HY, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jenri Ginting.Kemudian Kepala Dinas Kesbangpol Hermanto Baran, Ketua LAM Bengkalis H Zainuddin Yusuf, serta sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Yusup mengatakan terkait penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 masih terdapat ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dimungkinkan akan menghambat kelancaran penyelenggaraan.

“Bawaslu dan Polri telah mengeluarkan indeks kerawanan Pemilu yang merupakan pemetaan terhadap kerawanan yang diprediksi akan timbul dalam penyelenggaraan pemilu di setiap daerah,” ujar Yusup.

Lanjut Yusup, jika menemukan adanya kerawanan dan hambatan harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku, sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak tertentu yang menggangu jalannya pemilu serentak.

Sementara itu Sekda juga mengapresiasi pelaksanaan apel kesiapan TNI-Polri pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019 guna meningkatkan sinergitas Instansi terkait untuk mewujudkan keadaan yang kondusif di Kabupaten Bengkalis.

“Tentunya kita dukung dan sambut baik kegiatan apel gelar pasukan ini yang tentunya untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi,”kata Sekda.

Untuk menciptakan situasi yang amanan dan kondusif di daerah ini tambah sekda, kami menghimbau peran aktif masyarakat, stakeholder, dan pihak-pihak terkait untuk membantu mensukseskan dan mengamankan Pileg dan Pilpres 2019.

“Mari kita dukung Polri, TNI dan bahu membahu menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Bengkalis yang kita cintai ini,”ajak Sekda.(dwi)