BENGKALIS (Riaulantang) – Kepala sekolah Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), SMP Luar Biasa (SMPLB) dan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dari 5 Kecamatan, yakni Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana, Senin, 4 Maret 2019, mengikuti sosialisasi Ujian Nasional (UN) SMP sederajat.

Pembukaan kegiatan sosialisasi yang ditaja Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis di Pantai Marina Hotel Bengkalis, dilakukan Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Sekretaris Agusfridiamialis.

Kata Agus, sosialisasi yang ikuti 66 peserta tersebut sebagai salah satu upaya Pemkab Bengkalis melalui Disdik untuk menyukseskan kegiatan UN tingkat SMP sederajat tahun ajaran 2018/2019. Khususnya di daerah ini.

Dijelaskannya UN SMP sederajat dilaksanakan 22-25 April 2019 mendatang. Sedangkan Ujian susulan dilaksnakan 4 hari kemudian selama 2 hari, tanggal 29-30 April 2019.

“Sedangkan untuk ujian paket B, imbuhnya dilaksanakan tanggal 10-13 Mei 2019. Sistem yang dipakai ada 2 (dua). Yaitu, UNBK (UN Berbasis Komputer) dan UNKP (UN Berbasis Kertas dan Pensil,” jelasnya.

Masih menurut Agus, sekolah di daerah ini yang mengikuti UN SMP sederajat sebanyak 152 sekolah dengan jumlah siswa 11.751 orang.

“Sekolah yang mengikuti UNBK sebanyak 76 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 5.981 siswa. Jumlah sekolah ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2018 yang hanya 9 sekolah,” terangnya.

Sementara untuk yang melaksnakan UNKP sebanyak 76 sekolah dengan jumlah siswa 5.770 siswa.

“Pada tahun 2020 mendatang semua SMP akan kita wajibkan agar dapat melaksanakan UNBK. Tak adalagi yang menggunakan system UNKP,” kata Agus.

Untuk diketahui, tahun 2018 Kabupaten Bengkalis meraih urutan 3 dari 12 Kapuaten/Kota se-Provinsi Riau untuk hasil UN SMP sederajat.

“Pada tahun 2019 ini kita tentu berharap hasilnya lebih baik lagi. Minimal naik satu tingkat,” papar Agus.

Bertindak selaku narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut adalah Khalis Binhar dari Disdik Provinsi Riau.
Hadir juga dalam sosialisasi tersebut para Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Kordinator Wilayah Pengawas Disdik Kabupaten Bengkalis.(dwi)