BENGKALIS (Riaulantang)– Sekitar 350 Kepala Satuan Pendidikan (Sekolah), baik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta Pengawas dan Penilik Pendidikan Luar Sekolah (PLS) akan dilantik dan diambil sumpah/janji jabatan dilantai IV kantor bupati Bengkalis, Rabu (6/9/2017) siang tadi.

Kepala Bagian  Humas Sekretariat Daerah Bengkalis Johansyah Syafri, di ruang kerjanya, mengatakan bupati Bengkalis Amril Mukminin  langsung melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan sekitar 350 Kepala SD, SMP, Pengawas dan Penilik PLS tersebut.

“Informasi yang kita terima sekitar pukul 14.00 WIB siang ini, di ruang serbaguna lantai IV  kantor Bupati Bengkalis,” jelasnya.

Secara rinci, aparatur yang dilantik dan diambil sumpah/janji jabatan tersebut, tambahnya, Kepala SD 249 orang dan SMP 68 orang.

“Sedangkan sisanya Pengawas dan Penilik PLS sebanyak 35 orang,” imbuh Johan.

Johan mengaku, dia tidak tahu persis apakah dalam pelantikan tersebut ada guru yang dipromosikan dari guru biasa menjadi Kepala Sekolah.

“Kemungkinan ada Kepala Sekolah yang dimutasikan dari sekolah yang satu ke sekolah yang lain dan tetap dalam sebagai Kepala Sekolah dapat dipastikan ada,” duganya.

Dia menambahkan, sesuai ketentuan terkini, Kepala Sekolah bukan lagi “tugas tambahan” bagi seorang guru sebagaimana selama ini.

“Sesuai Pasal 54 ayat (1) PP 19 Tahun 2017, beban kerja kepala satuan pendidikan sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga kependidikan,” jelasnya.

Adapun PP 19 Tahun 2017 yang dimaksudkan Johan itu adalah Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.(hms)