BENGKALIS (Riaulantang)- Seluruh Kepala Urusan (Kaur) Umum dari 136 desa di Kabupaten Bengkalis mengikuti pelatihan pengelolaan aset desa berbasis aplikasi SIPADES (Sistem Informasi Pengelolaan Aset Desa).

Bertempat di aula Horison Hotel Bengkalis, pelatihan yang akan berlangsung hingga 24 Maret mendatang, Kamis malam, 21 Maret 2019, dibuka secara resmi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis yang diwakili Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Asnurial.

Asnurial mengatakan, pelatihan pengelolaan aset desa berbasis aplikasi SIPADES ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman, terutama Kaur Umum Pemerintahan Desa dalam melakukan pengelolaan aset di desa masing-masing.

“Selain itu, untuk peningkatkan dan penyelarasan pemahaman bersama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik ke depan, khususnya melalui pengelolaan aset desa yang baik dan benar,” jelasnya.

Ditambahkannya, melalui pelatihan ini, seluruh desa di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini diharapkan dapat melakukan inventarisasi aset desa secara lengkap dan akurat.

“Dapat mengelola aset desa secara akuntabel dan berdayaguna, sehingga dapat berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Karena, akuntabilitas transparansi pengelolaan aset desa sangat penting dan turut menentukan kemajuan sebuah desa,” imbuh mantan Camat Bantan ini.

Masih kata Asnurial, narasumber kegiatan pelatihan untuk 136 Kaur Umum tersebut dari langsung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Menurut narasumber Kemendagri tersebut, Kabupaten Bengkalis merupakan daerah pertama di Provinsi Riau yang melaksanakan pelatihan pengelolaan aset desa berbasis aplikasi SIPADES,” kutip Asnurial.(dwi)