BENGKALIS (Riaulantang)- Sebanyak 129 siswa SMP/MTs sederajat mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019.Ke-129 tersebut merupakan utusan dari 11 kecamatan. Mereka adalah siswa-siswi terbaik yang dipilih dan terpilih dari hasil seleksi di tingkat kecamatan masing-masing.

Pembukaan OSN tersebut dilakikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis, diwakili Kabid Pembinaan SMP, Randy Vernanda.

Dalam sambutannya Randi menjelaskan, OSN yang dilaksanakan 15-16 Maret tersebut merupakan satu di antara empat kegiatan yang diprogramkan secara nasional.Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Disdik, katanya, akan terus memprogramkan kegiatan-kegiatan nasional.

Selain OSN, kegiatan lain yang akan diselenggarakan adalah O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), FLS2N (Festival lomba seni siswa nasional), dan GSI (Gala Siswa Indonesia).

“Di samping itu, kita juga memprogramkan dan melaksanakan kegiatan skala kabupaten,” tambahnya.

Menurutnya, OSN merupakan “laman bermain” para siswa.Sebab, katanya, saat ini karena selalu disibukkan dengan berbagai persoalan kehidupan, kita terkadang terlupa menyediakan “laman bermain” untuk siswa.”Inilah laman bermain siswa di bidang sains,” ungkapnya.

Dia mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, siswa SMP Kabupaten Bengkalis sering menjadi nominasi di tingkat nasional.”Untuk tahun ini dan seterusnya, kita berharap ada siswa kita yang menjadi juara di tingkat nasional. Di samping itu, melalui OSN ini. Semoga lahir saintis muda Kabupaten Bengkalis,” harapnya.

Selain 1 guru pendamping, turut hadir dalam kegiatan OSN tersebut, diantaranya Kabid Pembinaan Ketenagaan M Rasyid, Kabid Pembinaan SD Suwanto, serta Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP H Mukhtar.(dwi)