PEKANBARU (Riau Lantang) – Masih simpang siurnya jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tepilih periode 2019-2024 ditanggapi Ketua DPRD Riau H.Septina Primawati yang mengharapkan Pemerintah Pusat segera melakukan pelantikan dalam waktu dekat ini.

“Roda pemerintahan di Riau tidak boleh kosong. Jangan lagi jabatan Gubri diisi oleh pelaksana tugas atau pelaksana harian hanya karena ketidakpastian jadwal pelantikan. Padahal masa tugas Gubernur sekarang berakhir tanggal19 Februari ini,”terang Septina kepada wartawan usai rapat paripurna di DPRD Riau, Senin (18/02/2019) siang.

Menurutnya, selambatnya tanggal 20 Februari harus segera dilakukan pelantikan Gubri dan Wagubri terpilih yang akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Apabila tidak dilaksanakan tentu akan ada pelaksana harian Gubernur dimana hal tersebut jelas sangat tidak efektif untuk roda pemerintahan di Bumi Lancang Kuning.

Dijelaskan Septina, masih banyak agenda kerja dan pembangunan daerah di Riau kedepannya yang harus ditunaikan kepala daerah baru. Mulai dari menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahunan, pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahunan serta agenda lainnya.

“Tentu saja sebagai wakil rakyat kita berharap jadwal pelantikan Gubri dan Wagubri baru dapat dilaksanakan secepatnya tanpa harus menunggu lagi. DPRD Riau sendiri optimis pelantikan terealisasi tanggal 20 Februari ini atau setidaknya diundur beberapa hari kemudian,”pungkas politisi perempuan Partai Golkar tersebut.(afa)