Siswa SMKN 1 Mandau saat MTQ antar SMA se Bengkalis
Siswa SMKN 1 Mandau saat MTQ antar SMA se Bengkalis

Tingkatkan Minat Baca Al Quran, Siswa SMKN 1 Mandau Gelar MTQ Antar SMA/SMK Se-Bengkalis”

DURI (Riaulantang) – Untuk meningkatkan minat baca Al Quran pada diri siswa di tengah arus globalisasi dan pengaruh pergaulan bebas dewasa ini, SMKN 1 Mandau, Sabtu (14/4) dan Ahad (15/4)  lalu menggelar lomba MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) antar SMA/SMK Sederajat Se- Kabupaten Bengkalis, bertempat di Masjid Baitul Ilmi, masjid sekolah yang baru selesai dibangun.

“ Ini MTQ pertama yang kami buat mungkin saja yang pertama se kabupaten Bengkalis. Beberapa Seluruh SMA dan SMK sederajat kita undang mengikuti MTQ ini. Disampingi meningkatkan kebiasaan siswa membaca Al Quran lewat MTQ ini kita perkuat hubungan silaturahmi antar sekolah,’’ kata Kepala SMKN 1 Mandau, Zulfikar S.Pd M.Mpd kepada wartawan, Selasa (17/4/18).

Pada zaman era bebas saat ini siswa perlu mendapatkan dibekali iman dan taqwa supaya tidak terjebak dalam pergaulan bebas dan kenakalan remaja.  Dengan MTQ ini  siswa bisa diarahkan pada kegiatan yang positif dan bermanfaat, untuk membentuk karakter dan akhlak. “ Banyak acara lain yang bisa dibuat, tapi kurang bermanfaat bagi siswa, tidak ada hubungannya dengan pembinaan karakter, lebih MTQ ini saja,’’ urainya.

Di dalam acara MTQ, kegiatan yang dikemas Rohis SMKN 1 Mandau ini, lanjut Zulfikar juga ditampilkan lomba Nasyid dan Pidato. “Ada tiga kegiatan. Kebetulan pelaksanaannya bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.  Juri kita minta dari LPTQ Mandau. Mudah-mudahan tahun berikutnya bisa kita tingkatkan lagi pelaksanaan MTQ ini,’’ harapnya.(susi)