sport-time-gagal-finis-3-besar-ini-5-podium-terakhir-valentino-rossi-di-sirkuit-mugello-eDPCeRf7aW.jpg

Sport Time: Gagal Finis 3 Besar, Ini 5 Podium Terakhir Valentino Rossi di Sirkuit Mugello

PEMBALAP Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memang selalu menjadi perbincangan ketika mengaspal di Sirkuit Mugello, Italia. Maklum saja, sirkuit dengan panjang 5,2 km itu berada di tanah kelahirannya.

Ditambah lagi, banyaknya pendukung The Doctor –julukan Rossi– yang memenuhi bangku penonton. Namun sayang, Rossi belum mampu meraih podium kembali di musim ini. Pembalap berusia 38 tahun itu hanya menempati urutan keempat di akhir race.

Bahkan, Rossi tercatat terakhir kali merasakan naik podium di Mugello pada 2015. Berikut lima catatan podium terakhir yang pernah diperoleh Rossi.

1. MotoGP 2015

Pada musim tersebut, Rossi berhasil menempati podium ketiga saat balapan di Mugello. Padahal, pembalap berkebangsaan Italia itu harus memulai balapan dari posisi yang terbilang kurang menguntungkan yakni urutan delapan.

2. MotoGP 2014

Pada 2014, Rossi juga sukses menyabet posisi podium. Podium ketiga menjadi hasil yang harus diterima oleh The Doctor. Kala itu, Rossi harus kalah dari Marc Marquez (Repsol Honda) yang menempati urutan pertama dan Jorge Lorenzo (Ducati Corse) di urutan kedua.

3. MotoGP 2009

Rossi kembali meraih podium saat balapan pada musim 2009. Kala itu, Rossi hanya menempati posisi tiga di akhir balapan. Padahal, Rossi memulai balapan dari posisi yang cukup strategis yakni urutan keempat.

Rossi kalah bersaing dengan Casey Stoner (Ducati Corse) yang mampu memenangi balapan. Sementara di posisi dua, ada mantan rekannya musim lalu, Lorenzo.

4. MotoGP 2008

Pada musim ini, Rossi mampu tampil dengan mentereng. Pembalap yang lahir di Urbino, Italia itu mampu merebut podium tertinggi. Bahkan, hasil gemilangnya itu diikuti dengan raihan pole position saat sesi kualifikasi.

5. MotoGP 2007

Pada musim ini juga, Rossi berhasil merebut podium tertinggi. Bahkan, Rossi hanya memulai balapan dari posisi tiga. Di belakang Rossi ada Dani Pedrosa (Repsol Honda) di posisi runner-up dan Alex Barros di tempat ketiga.

(fmh)