harus-tahu-manfaat-hutan-mangrove-lebih-dari-spot-selfie-kece-y7aI7taJTz.jpg

Harus Tahu, Manfaat Hutan Mangrove Lebih dari Spot Selfie Kece!

KELESTARIAN lingkungan hidup menjadi tanggung jawab semua penghuni bumi. Manusia sebagai pengelola seharusnya sadar akan kepentingan peran ekosistem alam dan menjaga keberlangsungannya.

Tahukah Anda hari ini diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia? Tepat hari ini, Senin (5/6/2017), Hari Lingkungan Hidup sedunia diperingati. Seiring berjalannya waktu, keadaan alam kian berubah. Perubahan terkikisnya pantai salah satunya.

Dilansir dari The Guyana Mangrove Project, Senin (5/6/2017), berikut 5 manfaat hutan mangrove berikut dapat menyelamatkan pantai dari peristiwa abrasi.

1. Melindungi garis pantai yang rentan dari hempasan gelombang karena akar mangrove dapat menahan tanah dan mencegah erosi pantai. Salah satu hutan mangrove yang terdapat di sekitar Jakarta ialah Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk.

2. Bakau melindungi daerah pedalaman saat badai dan meminimalkan kerusakan. Misalnya, belajar dari tsunami 2005 di Asia, tidak ada daerah yang memiliki hutan bakau. Akar bakau juga dapat menahan gelombang, setidaknya meminimalkan hempasan.

3. Hutan bakau menyediakan rumah bagi beberapa jenis tumbuhan dan hewan. Burung bangau yang bermigrasi dan waders mencari makanan sembarangan untuk makanan. Burung-burung jenis lainnya juha membentuk tempat bertengger dan bersarang yang besar di hutan bakau.

4. Bakau bisa dijadikan tempat pembibitan ikan karena berfungsi sebagai sumber makanan bagi ikan, udang dan kepiting yang hidup di sungai dan daerah laut dangkal, dan menyediakan tempat yang aman bagi ikan, udang dan kepiting yang terletak di garis pantai.

5. Hutan mangrove juga berfungsi sebagai perangkap sedimen, sehingga membantu pertambahan sedimen pesisir dan selanjutnya menambah perlindungan daerah dataran rendah di daerah pedalaman. Biasanya pohon membutuhkan tanah untuk tumbuh tapi dalam kasus hutan mangrove, tanah tumbuh dalam pohon, artinya pohon bakau lambat laun bisa menjadi daratan.

Sekarang, Anda sudah tahukan kalau ternyata hutan mangrove dilestarikan tidak hanya untuk dijadikan sarana rekreasi dan spot swafoto saja. Tapi hutan mangrove memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kehidupan manusia. Agar pantai tidak terus terkikis ombak (abrasi).(fid)

sumber " Okezone.com