IMG-20171202-WA0080.jpg

Hadiri Operasi Katarak Lion Club Ke 3, Bupati Suayatno Sampaikan Apresiasi

BAGANSIAPIAPI (Riaulantang) - Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno secara resmi membuka kegiatan sosial operasi katarak mata yang diselenggarakan Tim Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR Pratomo Bagansiapiapi,Sabtu (2/11/2017)

"Atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan sosial operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh Tim Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu di RSUD Pratomo ini," kata Suyatno.

Diungkap Suyatno untuk ketiga kalinya dia hadir dalam kegiatan operasi katarak gratis yang diselenggarakan Tim Lion Club. Sementara pemerintah daerah belum bisa melakukan hal seperti ini.

"Kegiatan operasi katarak gratis ini menjadi cambuk bagi pemerintah daerah ke depan dalam kepedulian terhadap masyarakat. Masih banyak lagi masyarakat yang kurang mampu di pelosok desa belum terpantau dan perlu didata. Diharapkan nantinya Pemda Rohil dapat bekerja sama dengan Lion Club serta Bhabinkatibmas Polres Rohil," jelasnya.

Bupati juga mengharapkan kepada masyarakat yang sudah menjalani operasi katarak agar dapat menjaga kesehatannya selama masa pengobatan dan tidak melakukan pekerjaan yang berat.  

Sementara, Presiden Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu, Ir Siswadja Muljadi menyampaikan bahwa kegiatan operasi katarak gratis ini untuk ketiga kalinya dilaksanakan oleh Tim Lion Club Bintang Mulya di RSUD DR Pratomo Bagansiapiapi, dan tahun ini diperkirakan pasien yang dioperasi mencapai 300 orang.

"Kegiatan ini merupakan tahun ketiga Tim Lion Club melakukan kegiatan sosial operasi katarak, tahun pertama berhasil menjaring sekitar 125 lebih pasien, tahun kedua bisa mencapai 202 pasien dan tahun ketiga ini berhasil didata sebanyak 270 pasien, namun ada penambahan sekitar 30 orang lagi hari ini," Kata Siswadja.

Lanjutnya, pasien yang terdaftar merupakan hasil pendataan di 13 puskesmas dan data konkritnya sekitar 300 pasien yang akan ditangani oleh 6 orang dokter spesialis. "Semalam sudah kami lakukan operasi terhadap 130 pasien dan sisanya hari ini," jelasnya. 

Siswadja mengaku bahwa kegiatan ini sebelumnya dilakukan penjaringan pasien melalui puskesmas dan Babinkantibmas Polres Rohil di seluruh Kecamatan se-Rokan Hilir. Setelah data diperoleh data pasien, akan ditindak lanjuti dengan pemeriksaan kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mengantisifasi kesehatan pasien sebelum dilakukan operasi. (Adv/Humas/Arm)