HM Darna
HM Darna

Disebut Tak Ada Kader PAN Layak Maju di Pilgubri, Sesepuh PAN di Duri Tersinggung dan Menyebut Itu Pelecehan

DURI (Riaulantang) - Sesepuh dan salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) di Riau HM Darna menyampaikan protes kerasnya melalui RiauLantang.com di Duri pada Jumat (6/10/2017). 

Keberangan mantan anggota DPRD Bengkalis 1999-2004 ini memuncak setelah membaca pernyataan yang disebut-sebut dilontarkan tim salah satu kandidat Balon Gubri di media online dan media cetak baru-baru ini. Dalam berita itu sumber menyebut, tak ada kader PAN yang layak untuk dimajukan dalam Pilgubri 2018 nanti.

"Saya baca berita di media online yang dirilis empat hari lewat. Kabarnya di media cetak juga terbit. Dalam berita itu disebut, tim salah satu kandidat Balon Gubri menyebut tidak ada kader PAN yang layak untuk dimajukan sebagai calon dalam Pilgubri 2018. Sebagai sesepuh dan salah satu pendiri serta kader PAN di Riau, saya memprotes keras. Itu tidak benar sama sekali. Juga merupakan pelecehan. Sebab DPP PAN sudah membuat keputusan untuk memprioritaskan kader. Itu pun sudah disampaikan Ketum PAN di berbagai tempat," kata wakil sekretaris DPW PAN Riau ini.

Darna menyebut bahwa di kalangan internal PAN sendiri sudah ada kader yang menyatakan siap untuk maju sebagai kandidat bakal calon dalam Pilgubri nanti. Baik sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur. "Antara lain Irwan Nasir dan Syamsurizal untuk kandidat Balon Gubri dan dr Sunaryo serta Irvan Herman untuk Balon Wagubri. Keduanya merupakan kader PAN yang dinilai layak dan mampu untuk maju. Di internal PAN ada mekanisme pencalonan. Prosesnya sedang jalan. Jadi tolong jangan dikatakan kader PAN tak ada yang layak. Sebagai kader, saya sangat tersinggung. Itu juga pelecehan bagi PAN," tegasnya.

Darna juga amat menyayangkan statemen tim salah satu kandidat Balon yang notabene bukan kader PAN. Ditambahkannya, yang membuat pernyataan harus paham bahwa Parpol manapun pasti akan berupaya untuk memajukan kader terbaiknya sembari tetap membuka pintu lebar-ebar bukan kandidat lain yang bukan kader. Baik untuk Pilbup, Pilwako, Pilgub, maupun Pilpres.

Terkait statement dibawanya salah satu kandidat Balon Gubri oleh pengurus PAN ke DPP, menurut Darna, adalah hal yang sangat biasa dan sudah lazim di kancah politik.  "DPP partai manapun pasti terbuka terhadap siapa pun yang mau maju jadi kepala daerah guna minta dukungan politik. Kalau tak salah, di Riau ini sudah ada enam kandidat sudah mendaftar ke DPW PAN Riau. Antara lain M Harris, Syamsuar, Yopi Ariyanto, Eddy Tanjung, termasuk gubernur incumbent Andi Rachman. Itu sangat wajar dan tak salahnya dalam dunia politik," pungkas Darna.(susi)